Banjir Sudah Terlalu Parah, Facebook Aktifkan Fitur Darurat

0
350
Facebook Alert
Facebook Alert; Copyright©GCN

Facebook Safety Check Telah Diaktifkan

OKETEKNO – Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya kejadian alam memang tidak bisa dielakkan, akan tetapi untuk mencegah adanya korban dan dampak kerusakan yang lebih parah. Maka manusia harap bertindak lebih jauh lagi, guna mengantisipasi berbagai macam bahaya yang bisa terjadi kapan saja. Seperti banjir Jakarta ini misalnya.

Walaupun saluran air sudah dibuat sedemikian rupa agar bisa mengalirkan air dengan lancar, akan tetapi dengan tingkah beberapa orang menjadikan saluran tersebut tersumbat oleh sampah. Sehingga terjadilah luapan air yang luar biasa. Karena sudah semakin parah dan banyak memakan korban, Facebook sampai mengaktifkan fitur daruratnya.

Baca Juga: Update Harga Redmi 8 dan Redmi 8A di Pasaran

Untuk fitur yang dimaksud ini adalah Safety Check, dimana ini merupakan salah satu fitur terbarunya yang mulai diterapkan tahun kemarin. Fitur ini cuman diaktifkan ketika terjadi suatu bencana atau kejadian besar di wilayah tertentu.

Safety Check Facebook
Safety Check Facebook; Copyright©detikINET

Facebook telah mengaktifkan fitur tersebut dengan judul The Flooding Across Jakarta Metropolitan Area. Ketika membuka timeline sosial media tersebut, nantinya fitur ini akan berada di bagian paling atas. Dan pengguna dapat menandai diri dalam kondisi aman agar teman dan keluarga yang tehubung di platform ini bisa mengetahui kondisi mereka. Begitu juga dengan sebaliknya, dimana fitur ini bisa menandakan kalian tidak aman, sehingga bisa memberikan informasi itu pada tim penyelamat agar segera melakukan evakuasi.

Selain itu, melalui fitur ini nanti pengguna juga bisa memilih beberapa bantuan yang dibutuhkan, semisal Shelter atau tempat pengungsian, makanan, air, pakaian, dan lain sebagainya. Kemudian, fitur ini juga bisa memberikan kesempatan bagi para pengguna lainnya yang ingin menawarkan bantuan terhadapnya.

Untuk respon yang diberikan pengguna Facebook lainnya bisa berdasarkan radius jarak, siapa yang minta tolong, dan siapa yang meminta bantuan. Akan tetapi bagi relawan ataupun korban yang tengah dalam kondisi cukup terdesak harap waspada, dikarenakan hujan bisa datang kapan saja untuk memperparah kejadian tersebut, kalau memang belum ada penanganan yang cepat dan tepat.

baca juga: Fakta Soal Penggunaan Smartphone Rentan Tersambar Petir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.