Aplikasi Ini Jadi Pelopor Pesan Instant Jauh Sebelum WhatsApp Lahir

0
288
WhatsApp Merger
Copyright ©Vox

AIM Menjadi Layanan Pesan Instant Perdana di Dunia

OKETEKNO – Untuk sekarang ini aplikasi WhatsApp sudah menjadi seperti raja dalam bidang bisnis layanan pesan instant. Dikarenakan banyak sekali pengguna yang telah mengandalkan layanan tersebut dalam komunikasi sehari-harinya bersama teman, keluarga, ataupun rekan bisnis, dan lainnya.

Akan tetapi layanan ini bukanlah yang pertama kalinya berkecimpung dalam bidang komunikasi, dikarenakan ada beberapa layanan lain yang sudah hadir lebih dahulu. AOL Instant Messenger ini misalnya, dimana layanan tersebut menjadi pelopor aplikasi perpesanan pertama di Dunia.

Baca Juga: Turun! Daftar Harga 6 HP Android Murah Terbaru dari Advan Bisa Cek Disini

Namun cukup disayangkan, karena sekarang ini layanan tersebut tidak dapat dijumpai lagi. Aplikasi ini menjadi salah satu platform online yang sudah tutup usia setelah perjalanan panjangnya selama 20 tahun.

AOL Instant Messenger
AOL Instant Messenger; Copyright©Instagram.com

Perlu diketahui bahwa AIM telah tutup usia pada tahun 2017, dimana berbagai macam layanan komunikasi seperti SMS, WhatsApp, sosial media, Gmail, dan lainnya telah hadir. Meski demikian, layanan ini jelas saja menjadi salah satu paling dikenal, terutama di wilayah Amerika Utara dimana sejak awal kehadirannya 1997, hingga beberapa tahun kedepan, platform ini begitu fenomenal di semua kalangan.

Baca Juga: Ada Fitur yang Mirip Facebook di Android 10, Apa Itu?

“Kami tahu ada banyak pengguna setia yang sudah menggunakan AIM ini selama beberapa dekade terakhir dan kami senang bekerja membangun aplikasi obrolan pertama sejak 1997,” seperti itulah yang disampaikan oleh AIM, melansir dari Techcrunch. Dan pada tanggal 6 Oktober 2017 lalu, layanan ini telah menyampaikan salam perpisahannya lewat Twitter.

Sudah lama memang, akan tetapi AIM sempat berkompetisi sengit dengan Yahoo Messenger, ICQ, dan Microsoft MSN. Dimana kini layanan-layanan tersebut juga sudah tidak begitu terdengar lagi, dikarenakan banyak pengguna pada beralih ke layanan pesan berbasis mobile saja.

Untuk sekarang ini bisa dikatakan Google dan Facebook menjadi penguasa layanan pesan instant. Dikarenakan Gmail menjadi layanan untuk saling berkirim pesan secara resmi antar instantsi ataupun perusahaan. Dan Facebook punya WhatsApp sebagai media komunikasi paling diandalkan oleh banyak kalangan.

baca juga: Sederet Aplikasi Penghasil Uang Selain YouTube yang Bisa Dicoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.