Kapan Sih Iklan Hadir di Aplikasi WhatsApp?

0
299
WhatsApp Messenger
WhatsApp Messenger; Copyright©Kompas

Iklan WhatsApp Bakal Hadir Tahun Ini

OKETEKNO – Tahun lalu, di perusahaan yang mengurus layanan aplikasi WhatsApp tengah mengalami permasalahan yang begitu besar. Hal itu dikarenakan induk perusahaan, Facebook meminta mereka untuk menyematkan iklan pada platform pesan instant terpopuler di Dunia tersebut.

Dikarenakan merasa tidak setuju dengan rencana tersebut, dan sudah tidak sesuai lagi dengan misi awalnya, maka duo pendiri layanan ini hengkang dari perusahaan. Permasalahan yang menjadi pemicunya yakni penayangan iklan di platform, dimana ini bertolak belakang dari misi awalnya yang ingin memberikan layanan bebas iklan dan gratis terhadap masyarakat luas.

Baca Juga: Bakal Ada Samsung Galaxy S20 Ultra dengan Spek Diatas Rata-Rata

Setelah berjalan cukup lama, pada akhirnya aplikasi WhatsApp benar-benar sudah mempersiapkan diri untuk mendatangkan penayangan iklan tersebut. Mengutip dari Express, disebutkan kalau iklan ini nantinya akan ditempatkan di bagian status, sehingga ketika melakukan peralihan melihat status temannya, akan mendapati iklan terlebih dahulu.

Iklan WhatsApp
Iklan WhatsApp; Copyright©Berbagi Teknologi

Kalau dilihat, untuk penayangan iklan model seperti ini telah hadir lebih awal di platform Instagram yang terbukti telah mendatangkan revenue yang cukup besar bagi perusahaan ataupun penayang. Dan untuk datanya, diketahui akan mengambil referensi dari akun Facebook ataupun Instagram yang terhubung ke nomor pengguna WhatsApp.

Baca Juga: Banjir Sudah Terlalu Parah, Facebook Aktifkan Fitur Darurat

Tidak cuman memasang iklan saja, ada beberapa fitur menarik lainnya yang tengah bersiap untuk dihadirkan kepada penggunanya secara global, diantaranya yakni seperti dark theme, emoji baru, hingga penghapusan pesan secara otomatis.

Masih belum diketahui secara pasti tentang kehadiran fitur-fitur baru tersebut pada aplikasi WhatsApp versi stabil. Akan tetapi developer sempat mengujinya kepada para pengguna yang menggunakan versi beta. Sehingga untuk kepastian kedatangannya sudah tidak diragukan lagi, dan bisa saja semuanya sudah selesai tersebar luaskan pada tahun 2020 ini.

Kembali lagi ke iklan WhatsApp, dimana pada dasarnya banyak pengguna yang merasa tidak setuju terhadap pembaruan tersebut, dikarenakan akan dianggap melanggar privasi pengguna lebih dalam, sebab itu merupakan layanan pesan instant yang memuat privasi lebih tinggi ketimbang Facebook ataupun Instagram.

baca juga: Aplikasi Ini Jadi Pelopor Pesan Instant Jauh Sebelum WhatsApp Lahir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.