Bahaya! 4 Virus Ini Mengintai Para Pengguna WhatsApp

0
434
Skygofree
Skygofree; Copyright©pixabay

4 Hal Berbahaya yang Mengintai Pengguna WhatsAp

OKETEKNO.COM – Dikarenakan terhubung dengan jaringan internet, maka kita tidak boleh secara sembarangan mengakses atau menikmati beberapa layanan. Dikarenakan banyak virus atau bahaya yang tengah mengintai perangkat kalian ataupun data-data di dalam ponsel. Terutama bagi para pengguna WhatsApp berikut.

Pasalnya ini menjadi layanan pesan instant terpopuler di Dunia yang menjadikan banyak sekali ancaman datang terhadap pengguna tersebut. Sebagai pengguna yang menjaga privasinya, waspada terhadap aplikasi ataupun virus yang berbahaya berikut.

Baca Juga: Sah! Ini Jadwal Pemesanan Samsung Galaxy A51 di Indonesia

  1. WhatsApp Gold

WhatsApp Gold
WhatsApp Gold; Copyright©tellerreport

Memang sih aplikasi ini menawarkan beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan aplikasi reguler. Hanya saja kalian tidak bisa gratis menikmatinya begitu saja, ada resiko yang ditimbulkan oleh aplikasi tersebut. WhatsApp Gold mencoba menawarkan pengguna menikmati layanan premium, yang pada dasarnya itu tidak ada.

Dan ketika pengguna mencoba mengunduh, pengguna malahan akan diarahkan ke malware yang sudah dipersiapkan, dimana ini bukan cuman membahayakan privasi percakapan yang ada di akun kalian saja. Melainkan juga keselematan perangkat yang digunakan.

Baca Juga: Update PUBG Mobile di Tahun 2020, Ada 2 Mode Baru yang Aneh – Part 2

  1. FinSpy

Ini merupakan sebuah virus yang bisa menginfeksi pengguna Android ataupun iOS. Dan bukan merupakan sebuah aplikasi, melainkan malware yang masuk dari sebuah situs dari link yang terkadang dikirimkan terhadap penggunanya.

Jika malware sudah berhasil masuk ke dalam perangkat, maka bisa saja virus tersebut mengakses pesan yang dienkripsi sekalipun. Bukan cuman itu, beberapa layanan lain seperti GPS, pesan, gambar, panggilan, dan lainnya juga bisa dikendalikan oleh hacker.

  1. Skygofree

Skygofree
Skygofree; Copyright©pixabay

Malware ini berbahaya sekali ketika masuk ke perangkat pengguna, dikarenakan bisa mengambil alih akun kalian dan bisa saja disalahgunakan oleh pihak lain. Mulai dari mengambil foto, menerima pesan, mengirim pesan, dan lainnya dimungkinkan bagi pihak peretas.

Bukan cuman itu, bahkan malware ini mampu melacak lokasi, merekam audio, bahkan melihat history browser pengguna, sehingga bisa saja meretas password akun yang intim banget dari perangkat kalian.

  1. Pesan Berantai

Kedua virus tersebut jalur utama yang banyak digunakan yakni melalui pesan berantai dimana mengajak pengguna untuk mengakses link tertentu. Dan ketika itu di klik, maka secara otomatis kalian akan dialihkan ke situs tertentu yang langsung mengunduh virus berbahaya. Jalur paling efektif bagi peretas menyebarkannya jelas adalah WhatsApp yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak.

baca juga: Realme C2s Dirilis dengan Harga Dibawah Rp 600 Ribu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.