Walah, Google Kok Pakai Barang Terlarang Sih?

0
400
Google
Google; Copyright©9to5google

Google Dituntun Oleh Sonos

OKETEKNO.COM – Tidak hanya berjalan secara mandiri, perusahaan besar seperti Google sendiri masih membutuhkan beberapa perusahaan lainnya untuk menciptakan suatu barang tertentu yang berguna untuk masyarakat luas. Akan tetapi sepertinya, kali ini ada informasi tidak mengenakkan yang tertuju pada raksasa internet tersebut.

Diketahui kalau Sonos yang merupakan perusahaan teknologi audio, baru-baru ini menuntut raksasa mesin pencari asal AS tersebut atas pelanggaran hak cipta. Setidaknya ada sekitar 5 paten Sonos yang digunakan secara ilegal alias terlarang oleh pihak Google, dimana salah satunya yakni teknologi speaker dimana bisa sinkron dengan speaker lain dalam ruangan.

Baca Juga: Keren! HP Android Ini Punya Kamera yang Bisa Menghilang

Melalui tuduhan yang diajukan kepada pihak pengadilan Federal AS, Sonos meminta kerugian finansial terhadap Google, dan juga meminta Komisi Perdagangan Internasional (ITC) untuk memblokir berbagai macam penjualan perangkat yang telah beredar luas di pasaran.

Speaker Sonos
Speaker Sonos; Copyright©DigitalTrends

Seperti yang kita tahu bahwasanya bukan speaker smart home saja, melainkan ada produk lain seperti Smartphone, Google Nest Mini, Google Home, dan Google Home Max. “Google secara gamblang telah meniru teknologi yang dipatenkan kami. Terlepas dari usaha kami selama beberapa tahun terakhir, Google belum menunjukkan kesediaan untuk kerjasama dengan Sonos. Kami tidak ada pilihan selain mengajukan tuntutan hukum,” begitulah keterangan CEO Sonos, Patrick Spence.

Baca Juga: Dirilis, Berikut Spesifikasi Utama dan Harga Realme 5i

Mengenai masalah ini pihak terkait pun angkat bicara, dimana raksasa mesin pencarian itu mengungkap rasa kekecewaannya terhadap Sonos, dimana tidak ingin menjalin kerjasama dengan baik, dan malah mengambil jalur hukum. Dan dugaan tersebut sepenuhnya dibantah.

Dan ternyata bukan cuman Google saja yang terkena tuntutan oleh Sonos, melainkan Amazon juga demikian. Dimana produk Amazon Echo diklaim menggunakan beberapa barang ilegal, lantaran menggunakan hak cipta yang telah dipatenkan oleh Sonos tanpa seizin dulu dari pihak terkait.

Jelas tidak tinggal diam, Amazon juga langsung membantah terkait tuntutan yang dilayangkan padanya oleh Sonos tersebut. Dan teknologi speaker yang dibenamkan merupakan hasil pengembangan dari perusahaannya sendiri.

baca juga: Lebih Murah dari Pendahulunya, Segini Harga Samsung Galaxy A51 di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.