Ada New Year Virus yang Ancam Pengguna WhatsApp, Apa Itu?

0
289
WhatsApp Malware
Copyright ©Linkedin

New Year Virus Ancam Pengguna WhatsApp

OKETEKNO – Pada tahun baru kemarin layanan WhatsApp telah mendapatkan rekor baru dalam jumlah pengiriman pesan selama 1 hari. Akan tetapi disamping itu ternyata ada juga bahaya yang mengintai para pengguna, yakni adanya temuan malware terbaru yang dinamakan ‘New Year Virus’. Pada dasarnya ini mudah untuk dihindari, akan tetapi karena bersamaan dengan perayaan tahun baru menjadikan penyebaran ini menjadi efektif memakan korban.

Untuk virus New Year ini sendiri merupakan sebuah pesan berisi tautan ke halaman web yang mengandung virus. Dan ketika pengguna mengikuti tautan tersebut, maka bisa membahayakan perangkat korban, entah itu perangkat Smartphone ataupun Komputer sekalipun.

Baca Juga: Bahaya! 4 Virus Ini Mengintai Para Pengguna WhatsApp

Efeknya yakni adanya penayangan iklan invasif dan aktor jahat dimana dapat menyebabkan data-data di perangkat kita bisa tersalurkan kepada pihak peretas, bahkan bisa mendaftarkan kita kepada layanan berlangganan yang tidak penting untuk menjebak para korbannya.

Bahaya WhatsApp
Bahaya WhatsApp; Copyright©CNBC Indonesia

Dan sebagai penarik perhatian pengguna, tautan ini pada umumnya bakalan disamarkan sebagai pesan ucapan selamat tahun baru. Akan tetapi untuk membacanya lebih lanjut, diharuskan mengklik tautan yang terlampir. Dimana pada dasarnya ini mudah banget dihindari, akan tetapi lantaran euforia tahun baru menjadikan penyebarannya semakin efektif.

Baca Juga: Lebih Murah dari Pendahulunya, Segini Harga Samsung Galaxy A51 di Indonesia

Para pengguna WhatsApp sekarang ini harap mewaspadai ketika dikirimkan sebuah tautan, terlebih kalau dari orang yang tidak dikenal, dimana lebih disarankan untuk langsung memblokir orang tersebut agar tidak terjebak dalam suatu malware yang membahayakan seperti itu.

Sebelumnya, perusahaan cybersecurity, White Ops telah mengungkap adanya 116 aplikasi yang mengandung malware, dimana bisa membuat perangkat pengguna disusupi banyak iklan dalam sekejap. Dan parahnya lagi adalah, beberapa diantara aplikasi yang dimaksud tersebar luas di Google Play Store, bahkan ada yang sudah terunduh hingga 4,6 juta kali.

Bukan cuman WhatsApp saja, disarankan seluruh pengguna Smartphone untuk bertindak lebih berhati-hati sekarang ini dalam melakukan tindakan seperti klik tautan atau mungkin mengunduh dan memasang aplikasi dengan fungsi tertentu.

baca juga: Keren! HP Android Ini Punya Kamera yang Bisa Menghilang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.