3 Tips Mencegah Akun Facebook Like Akun Tak Dikenal Otomatis

0
207
Sistem Operasi Facebook
Facebook; Copyright©Unitedtronik

Tips Agar Tidak Terjebak dengan Auto Like Facebook

OKETEKNO – Beberapa waktu terakhir ini tengah marak kejadian yang membuat para pengguna akun Facebook merasa resah, hal itu dikarenakan mereka tanpa sengaja telah memberikan tanda like terhadap akun yang sebenarnya tidak dikenal. Atau mungkin sebuah akun yang tidak ingin diberikan like.

Kejadian ini berlangsung secara otomatis, dan raksasa sosial media tersebut tidak menyangkalnya, lantaran memang sistemnya dibuat seperti itu. Jelas saja ini bukanlah tindakan yang aman sepenuhnya. Berkaitan dengan hal tersebut, Alfons Tanujaya (Pengamat Keamanan Siber dari Vaksin.com) memberikan beberapa tips berikut ini.

Baca Juga: Melihat Kemampuan Carmilla yang Datang 3 Hari Lagi di Mobile Legends

  1. Periksa Log Aktivitas

Langkah pertama paling efektif yakni memeriksa log aktifitas, dimana semuanya akan tercatat disini. Dari sana kita dapat mengetahui apakah kita sendiri yang memberikan like, atau mungkin saat kita tidak tengah menggunakan akun dan like itu diberikan secara otomatis pada fanspage yang dimaksud.

Untuk mengaksesnya, kalian bisa menuju ke dalam profil pengguna, tombol Log Aktivitas bisa ditemukan di foto sampul tepat di sebelah tombol edit profil. Dan pada log aktivitas ini, nantinya pengguna bisa langsung mencari fanspage atau berbagai macam aktivitas lainnya di kolom pencarian.

Baca Juga: Terus Ditekan, Facebook dan Instagram Hapus Postingan

  1. Cek Aplikasi dan Situs yang Terhubung

Alfons juga menegaskan kalau ada beberapa aplikasi Autolike yang memalsukan diri sebagai sebuah aplikasi terpercaya. Oleh karenanya, ia meminta agar pengguna selalu teliti dalam pemasangan aplikasi, dan juga harus memeriksa seluruh aplikasi yang terhubung.

Caranya yakni kalian bisa masuk ke dalam pengaturan, dan kalian dapat pilih aplikasi dan situs web. Dari sana kalian bisa melihat seluruh aplikasi dan situs yang aktif atau mungkin sudah kadaluarsa dan terhapus secara otomatis.

  1. Pasang Anti Virus

Untuk pemberian like terhadap akun atau fanspage Facebook tertentu juga bisa dikarenakan malware. Bukan cuman itu saja, beberapa jenis virus berbahaya juga bisa memantau segala aktivitas pengguna. Oleh karena itu, Alfons menyarankan pengguna untuk memasang anti virus pada perangkatnya. Atau mungkin memindai virus secara rutin menggunakan aplikasi keamanan bawaan.

baca juga: Tanda Kalo WhatsApp Kamu Diblokir Oleh Dia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.