Strategi Pangkas Harga iPhone Kurang Memuaskan, Apple?

0
444
iPhone 11 Series in Store
Copyright©Evening Standard

Penurunan Harga iPhone Masih Kurang Efektif?

OKETEKNO – Produk Apple memang menjadi salah satu yang dipandang di mata penggila gadget Dunia. Hal itu dikarenakan Smartphone satu ini memang menawarkan kualitas perangkat dan juga layanan eksklusif, sehingga tidak sama seperti perangkat yang lainnya. Akan tetapi untuk harga mahal terhadap produk iPhone atau sederet produk lainnya juga tidak luput dari perhatian konsumen.

Semakin mahalnya harga perangkat ternyata menjadikan minat konsumen juga menurun, bukan cuman itu saja melainkan karena beberapa faktor persaingan juga yang menjadikan pasarnya kian menurun. Seperti dalam beberapa bulan terakhir dimana vendor asal AS tersebut telah mengalami penurunan pasar dua digit di pasar China pada akhir 2019 kemarin.

Baca Juga: Alasan Samsung Rilis Galaxy A Series dalam Waktu Berdekatan di Indonesia

Dari yang disampaikan oleh Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi China (CAICT), disebutkan kalau Apple telah mengalami penurunan sebesar 13,7 persen tahun ke tahun. Pada bulan Desember kemarin hanya berhasil mengapalkan 28,9 juta unit ponsel saja.

iPhone 5 Vs
Copyright ©YouTube

Akan tetapi kalau dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, telah ada kenaikan ternyata sebesar 18,7%. Kutipan dari Bloomberg, disebutkan kalau ada kenaikan permintaan pasar terhadap produk iPhone sebanyak 3,18 juta unit. Dan ternyata itu tidak lain berkat strategi baru penurunan harga yang diberlakukan oleh sang vendor.

Baca Juga: Sah, Berikut Jadwal Penjualan Perdana dan Harga Samsung Galaxy A71 & Galaxy A51

Di China untuk iPhone 2018 telah mengalami penurunan harga sebesar 6%, dimana ini termasuk diantaranya iPhone XS, XS Max, dan XR. Dengan adanya koreksi harga ini, jelas masyarakat lokal bisa mendapatkan produk tersebut dengan harga lebih terjangkau lagi dibanding sebelumnya.

Walaupun demikian, ternyata untuk penguasaan pasar Apple tetap saja mengalami penurunan, dimana CAICT telah mengungkap pengiriman ponsel Apple secara keseluruhan ke China mengalami penurunan 4,7 persen, sehingga menjadi 317,7 juta unit per tahun. Dimana ini sudah terjadi selama 3 tahun belakangan.

Dari situ bisa dikatakan kalau ternyata penurunan harga iPhone masih belum begitu efektif mengangkat penjualan ponsel lagi. Beberapa alasan yang jelas yakni seperti daya saing dari vendor lokal seperti Huawei, Xiaomi, OPPO, Vivo dan lainnya semakin memanas di Negeri Tirai Bambu tersebut.

baca juga: 3 Tips Mencegah Akun Facebook Like Akun Tak Dikenal Otomatis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.