Apple Diharuskan Pakai USB Type C Untuk Smartphone iPhone

0
522
Lightning Port
Lightning Port; Copyright©Time

Ada Peraturan yang Mendesak Apple

OKETEKNO – Salah satu yang menjadikan perangkat Smartphone iPhone terasa begitu eksklusif yakni terkait penggunaan port pengisian daya dan transfer data. Dimana Apple tidak menggunakan teknologi yang sama seperti penerapan dari vendor HP Android lainnya.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu lebih memilih menggunakan lightning port, hal itu lantaran teknologi tersebut dianggap mampu bekerja lebih baik jika dibandingkan dengan USB Type C ataupun microUSB. Akan tetapi sepertinya kedepan bakalan ada perubahan dari Apple.

Baca Juga: Alasan Perilisan Ulang Huawei P30 Lite

Pasalnya Uni Eropa telah memberlakukan undang-undang baru dimana mengharuskan setiap produsen menggunakan konektor yang sama. Hal tersebut dilakukan komisi Eropa dengan tujuan mengurangi limbah elektronik yang terus bertambah tiap tahunnya.

iPhone 5
iPhone 5; Copyright©Business Insider

Sebenarnya ini rencana yang telah dipikirkan sejak lama, akan tetapi pendekatan yang dilakukan selama ini masih belum efektif. Beberapa vendor diketahui masih menggunakan port yang berbeda, termasuk iPhone pastinya. Dalam kondisi ini menjadikan beberapa anggota Parlemen Eropa mendesak pihak komisi untuk mengambil tindakan lebih serius.

Baca Juga: Kemampuan Galaxy A51 Mirip Galaxy A50s, Gimana Sih Samsung?

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh anggota Komisi bernama Maros Sefcovic, komite mengusulkan untuk melakukan pendekatan secara legislatif. Dimana ini menandakan adanya undang-undang yang dibuat, sehingga memaksa para vendor yang ingin memasarkan produknya disana harus mematuhi peraturan yang ada, termasuk menggunakan port USB Type-C.

Akan tetapi usulan ini masih menjadi perdebatan, dimana keputusan final akan diambil melalui pemungutan suara di sesi berikutnya. Jika memang benar ini disepakati, jelas saja Apple diharuskan untuk menggunakan teknologi berbeda pada ponsel iPhone masa mendatang.

Perlu diketahui bahwasanya pada tahun 2009 telah ada sekitar 30 konektor pengisian daya, dan Kampanye konektor pengisian tunggal yang dilakukan oleh Uni Eropa mampu menyusutkan menjadi 3 port saja sekarang, dimana diantaranya yakni microUSB, USB Type-C, dan Lightning saja. Pengurangan yang sangat banyak pastinya.

baca juga: Strategi Pangkas Harga iPhone Kurang Memuaskan, Apple?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.