Jika Pengadilan Meminta, Ini Data Privasi yang Bisa Diberikan Oleh WhatsApp dan Google

0
323
Hack WhatsApp
Copyright ©Forbes

WhatsApp Mau Bagikan Metadata Jika Dibutuhkan

OKETEKNO – Perlu diketahui bahwasanya sekarang ini data privasi pengguna menjadi salah satu perhatian masyarakat luas. Ini setelah adanya kejadian penyalahgunaan privasi pengguna yang dilakukan oleh Facebook sekitar 2 tahun silam. Dimana ini termasuk juga WhatsApp yang merupakan layanan dibawah naungan raksasa sosial media tersebut.

Akan tetapi untuk aplikasi W.A lebih bisa dipercaya, lantaran menggunakan sistem enkripsi end-to-end, sehingga tidak memungkinkan pihak ketiga untuk membaca pesan yang dikirim atau diterima. Meskipun itu merupakan pihak perusahaan sendiri.

Baca Juga: Melihat Kemampuan Carmilla yang Datang Besok Lagi di Mobile Legends

Meski demikian, ada loh beberapa metadata yang siap diberikan kepada pihak berwajib kalaupun memang diminta. Seperti yang terjadi belum lama ini, dimana WhatsApp dan Google diminta untuk menyerahkan data terkait penyerangan mahasiswa di Universitas Jawaharlal Nehru.

WhatsApp Grupppppppppppp
Copyright©Solopos

Untuk kasus ini sendiri terjadi pada tanggal 5 Januari 2020 kemarin, dimana sekelompok penyerang menggunakan topeng telah memasuki wilayah kampus yang ada di New Delhi. Dimana mereka menyerang mahasiswa menggunakan tongkat dan merusak beberapa properti yang ada di Universitas.

Baca Juga: Duo HP OPPO Ini Dapatkan Pembaruan ColorOS, Cek Punyamu Sekarang!

Dan salah satu anggota hakim bernama Brijest Sethi telah meminta data terkait dua kelompok tertentu, yakni Unity Against Left dan Friends of RSS. Untuk tangkapan layar dari beberapa kelompok yang diduga terlibat dalam mengatur serangan ini telah muncul beberapa jam setelah kejadian berlangsung.

Berkenaan dengan hal tersebut, mengutip dari Live Law pihak Google telah menyetujui untuk menyerahkan informasi pelanggan dan juga data yang disimpan di Google Drive. Dimana penyimpanan awan ini juga digunakan sebagai backup pesan WhatsApp, dimana kalau pengguna mengaturnya secara harian atau per minggu, jelas akan ketahuan dengan cepat.

Sedangkan pihak WhatsApp sendiri telah menjelaskan kalau pesan tidak bisa dibagikan, namun pihaknya bisa mengirimkan informasi seperti alamat IP. “Kami tidak bisa membagikan konten dari pesan-pesan karena adanya enkripsi. Konten tidak lagi berada di server kami ketika sudah dikirimkan ke penerima pesan,” terang developer.

baca juga: Jadwal Penjualan Perdana Samsung Galaxy S10 Lite Terungkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.