Layanan WhatsApp Kembali Down Karena Masalah Ini

0
244
Blokir Mantan WhatsApp
Copyright©Istimewa

Ada 2 Kemungkinan Masalah WhatsApp Down Kemarin

Oketekno – Pada tahun 2019 kemarin untuk gangguan yang terjadi di platform pesan instant terpopuler di Dunia jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Banyak kalangan menduga kalau itu disebabkan oleh rencana merger antara WhatsApp, Messenger, dan juga Instagram.

Dan ternyata masalah ini masih berlanjut di tahun ini, dimana gangguan baru saja terjadi kemarin secara global, termasuk Indonesia salah satunya. Seperti biasa, dimana pengguna merasa bahwa dirinya tidak dapat mengirimkan pesan multimedia apapun, seperti gambar, foto, GIF, Stiker, File, Dokumen, Pesan Suara, hingga membuat status.

Baca Juga: Akhirnya Facebook Berhasil Dikalahkan Juga

Akan tetapi pengguna masih bisa menikmati layanan dasarnya seperti mengirimkan pesan teks, melakukan panggilan suara ataupun video call dengan pengguna lain. Dan pengguna juga masih bisa meneruksan pesan yang dimaksud (file foto, video, dan lainnya) ke pengguna lain tanpa gangguan.

WhatsApp Down
WhatsApp Down; Copyright©Twitter

Berdasarkan laporan dari situs pendeteksi layanan, Downdetector pada hari Minggu pukul 16:17 WIB kemarin diketahui ada sebanyak 176 laporan WhatsApp Error. Dan dilihat dari penyebarannya, masalah ini terjadi secara global. Selain Indonesia, ada Arab Saudi, Kuwait, Malaysia, dan juga India.

Baca Juga: Paten Ini Tunjukkan Jika Xiaomi Emang Suka Bikin Smartphone yang Aneh-Aneh

Walaupun demikian, masih belum ada konfirmasi resmi atau penjelasan terkait masalah layanan down ini dari pihak terkait, WhatsApp ataupun Facebook sebagai induk perusahaannya. Akan tetapi kejadian ini tidak berlangsung hingga 1 hari penuh atau lebih dari 12 jam, sebab mereka sudah bisa melakukan aktivitas normal mulai pukul 20:30 WIB.

Jelas saja atas permasalahan yang terjadi di layanan pesan instant terpopuler di Dunia ini membuat banyak pengguna resah terhadap masalah tersebut. Banyak dari mereka melontarkan komentar atau keluhannya di platform sosial media lain, Twitter.

Ada beberapa kemungkinan, dimana masalah pertama yaitu mengenai rencana merger yang mendapatkan pembaruan kecil untuk mewujudkannya. Dan kedua yakni terkait masalah penghapusan kode iklan yang mana kode sudah terlanjur tercantum di aplikasi WhatsApp publik. Sehingga kemarin dilakukan penghapusan kode tersebut, lantaran team iklan juga sudah dibuyarkan.

baca juga: Yes, Ide Iklan di WhatsApp Telah Dibubarkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.