Penggabungan Facebook Terhadap WhatsApp Ternyata Dilarang?

0
273
WhatsApp Facebook Instagram
Copyright ©News Vire

Facebook dan WhatsApp Seharusnya Tidak Bersatu

Oketekno – Memang selama beberapa tahun tidak diketahui kalau WhatsApp merupakan salah satu bagian dari Facebook, karena memang tidak ada perubahan jelas yang terjadi pada platform pesan instant tersebut. Akan tetapi beda dengan yang sekarang, semua pengguna pasti mengetahuinya.

Pasalnya setiap kali membuka aplikasi, akan tercantumkan logo aplikasi pesan instant ini lengkap dengan nama perusahaan FACEBOOK di bagian paling bawah dengan sangat jelas. Semuanya terjadi setelah platform ini telah menjadi yang terpopuler di Dunia.

Baca Juga: Ada Tab Baru di Aplikasi YouTube, Begini Tampilannya!

Namun ini bukan terjadi barusan, sebab raksasa sosial media yang mengakuisisi WhatsApp sudah terjadi sejak tahun 2014 silam. Pada saat itu, platform tersebut sudah dibeli dengan harga US$ 22 miliar atau setara dengan Rp 308 triliun. Dan belum lama ini ada berita yang mengungkap bahwasanya hal ini tidak pernah terjadi.

Block Chat WhatsApp
Block Chat WhatsApp; Copyright©TribunNews

Masalah itu disampaikan oleh Autorite de la Concurrence (French Competition Authority), Isabelle de Silva, Presiden Autorite de la Concurrence, telah mengatakan soal kesepakatan itu dilarang, alias tidak boleh dibiarkan terjadi. Ia melihat adanya pergeseran praktik yang terjadi saat ini dibandingkan dulu, yakni soal pengumpulan dan eksploitasi. Inilah yang menjadikan Facebook dan Google bernilai.

Baca Juga: Yes, Ide Iklan di WhatsApp Telah Dibubarkan

Bukan cuman berasal dari WhatsApp saja, kesuksesan yang didapatkan oleh Facebook sekarang ini juga berasal dari Instagram dimana penempatan iklan yang strategis banget, sehingga membuat pengguna sering kali melihat kehadirannya dengan efektif. Meski tidak memiliki pengguna aktif yang sangat banyak, namun dengan trik semacam ini masih bisa mendapatkan biaya iklan yang besar.

Dan untuk pemerintah Eropa yang begitu ketat terhadap masalah informasi pengguna, sekarang ini telah mengawasi secara serius perusahaan seperti Facebook, Google, hingga Amazon yang dianggap sudah mempengaruhi era globalisasi dan digitalisasi.

“Apa yang membuat Facebook sukses hari ini bukan hanya fakta bahwa mereka telah membeli WhatsApp dan Instagram, tetapi juga telah mampu mengumpulkan komunitas pengguna ini dengan menggabungkan tiga komunitas yang sebelumnya terpisah,” seperti itulah yang diungkap oleh De Silva.

baca juga: Akhirnya Facebook Berhasil Dikalahkan Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.