Facebook Terapkan Fitur Notifikasi Baru Untuk Jaga Keamanan Data Pengguna

0
226
Copyright ©SinghStation

Facebook Infokan Akses Data Oleh Aplikasi Pihak Ketiga

OKETEKNO – Sebenarnya bukan cuman dari platform Facebook saja, melainkan ada beberapa pihak yang bisa mendapatkan akses ke akun pengguna. Dimana diantaranya yakni sederet aplikasi yang terhubung ke platform tersebut, mulai dari aplikasi hingga game online.

Jika ingin memberikan perlindungan privasi yang baik terhadap pengguna, pihaknya tidak hanya harus menjaga dan tidak memberikannya kepada pihak lain saja. Melainkan juga memberikan pengawasan terhadap setiap aplikasi yang terhubung tersebut.

Baca Juga: Membandingkan Redmi 8 dan Realme 5i, HP Sejutaan Paling Terpandang di Indonesia

Dan belum lama ini ada fitur baru yang bernama “Login Notifications”, dimana melalui fitur ini nantinya pengguna bisa mendapatkan pemberitahuan ketika melakukan login ke suatu layanan pihak ketiga yang menggunakan akun Facebook milik pengguna.

Facebook Acces
Facebook Acces; Copyright©Facebook Developer

Pada jendela notifikasi nantinya akan ditampilkan informasi waktu ketika melakukan login, kemudian data apa saja yang akan diminta oleh pihak ketiga tersebut, beberapa diantaranya yakni seperti nama, tanggal lahir, alamat e-mail, atau bahkan daftar teman.

Baca Juga: Penggabungan Facebook Terhadap WhatsApp Ternyata Dilarang?

Kemudian ada juga tombol “Edit Settings” dimana pengguna Facebook bisa melakukan kendali dalam memberikan hak akses yang dibutuhkan oleh aplikasi pihak ketiga itu terhadap data-data pribadi. “Notifikasi mengingatkan pengguna kalau mereka telah memiliki hak penuh atas data yang dibagikan ke pihak ketiga,” begitulah keterangan dalam sebuah pengumuman dari raksasa sosial media tersebut.

Bukan cuman muncul di notifikasi saja, melainkan pemberitahuan ini nantinya juga akan terkirimkan pada e-mail pengguna yang telah terdaftar pada akun Facebook. Dengan demikian, pengguna tetap bisa melakukan pengendalian kapan saja dan dimana saja.

Seperti yang kita tahu bahwasanya perusahaan Facebook pada tahun 2018 telah dihadapkan dengan permasalahan data sangat serius, dimana menjadikannya kini terus mengalami kemunduran. Akan tetapi di tahun ini disebutkan kalau raksasa jejaring sosial ini akan melanjutkan eksperimen untuk menambahkan kendali pengguna atas datanya, terutama soal data yang terhubung ke pihak lain.

baca juga: Spesifikasi Calon Smartphone Murah Terbaru dari OPPO Mulai Terungkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.