Netflix Jadi Inspirasi Facebook Hapus Jumlah Like IG?

0
297
Facebook Caplok PlayGiga
Facebook; Copyright©Gamestingr

Bos Instagram Terinspirasi dari Netflix

Oketekno – Perusahaan Facebook sekarang ini memang telah menjadi penguasa layanan sosial media, bukan dari jumlah aplikasi atau layanan utamanya saja luar biasa. Melainkan ada 2 platform yang sangat mendukung perkembangannya, yaitu WhatsApp dan Instagram.

Terlebih untuk sekarang ini kedua platform tersebut telah diberikan label FACEBOOK pada aplikasinya, sehingga menjadikan pengguna semakin paham bila kedua layanan populer itu memanglah milik sang raksasa jejaring sosial asal Amerika Serikat tersebut.

Baca Juga: Selain Lebih Bagus, Ini Kelebihan Samsung Galaxy A71 Pakai Super AMOLED Plus

Dan beberapa waktu lalu kita tahu bahwasanya Instagram telah memutuskan untuk menyembunyikan jumlah like pada setiap postingan pengguna. Dan ternyata ada sebuah layanan streaming media yang berada di balik rencana tersebut, yakni Netflix.

Instagram
Instagram; Copyright©Mashable

Adam Mosseri sebagai petinggi dari layanan Instagram telah menceritakan bahwasanya suatu hari ia bersama timnya telah menggelar rapat untuk membahas mengenai proyek bernama Project Daisy. Untuk proyek ini memiliki tujuan utama menghilangkan jumlah like di depan umum, baik itu konten foto ataupun video. Ia menjelaskan kalau ini dilakukan agar layanan yang berada dibawah naungan Facebook itu bisa lebih baik lagi.

Baca Juga: Terungkap Spesifikasi Poco F2 Lite yang Tetap Mantap dan Menggoda

Dan untuk kebijakan ini menurutnya juga mampu menghilangkan kompetisi para pengguna dalam memikirkan seperti apakah cara untuk mendapatkan jumlah like yang banyak. Melainkan, mereka dapat lebih terfokus dalam bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki hubungan cukup dekat terhadapnya.

Seperti yang dikutip dari New York Times, Mosseri ternyata memiliki ide seperti ini setelah melihat tayangan Black Mirror di Netflix. Dimana ia tidak menyebutkan persisnya, hanya saja berdasarkan penjelasannya kemungkinan terilhami dengan tayangan Nosedive yang ada pada Season 1 Episode 3 di Black Mirror.

Pada episode tersebut memang berkisah sebagaimana kehidupan bergantung dari jumlah rating, dimana mereka yang memiliki rating kecil bisa dikucilkan. Disisi lain, keputusan Mosseri juga dilatarbelakangi oleh pengalamannya saat bertugas di Facebook, dimana ketika ia mengawasi beranda agar tidak muncul konten kontroversial.

baca juga: Facebook Terapkan Fitur Notifikasi Baru Untuk Jaga Keamanan Data Pengguna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.