Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet di Android dan iOS

0
331
Google Maps Smartphone
Copyright©Gadget Hacks

Trik Menggunakan G-Maps Offline

Oketekno – Untuk sekarang ini sebenarnya kalian sudah tidak perlu khawatir lagi dengan yang namanya tersesat di jalan. Karena kalian bisa menggunakan layanan Google Maps untuk memberikan petunjuk terhadap kalian menuju ke suatu tempat yang dikehendaki.

Akan tetapi ada kalanya saat kuota internet kita juga menipis, sehingga tidak memungkinkan jika terus online menempuh sepanjang perjalanan yang dibutuhkan. Terlebih untuk aplikasi penunjuk jalan tersebut memiliki tingkat konsumsi daya dan data yang lumayan boros.

Baca Juga: Alasan Dark Theme WhatsApp Belum Kunjung Dirilis

Nah, kalau masalah kuota internet tidak perlu khawatir, sebab kalian bisa menerapkan cara menggunakan Google Maps tanpa internet berikut. Tapi kalau soal daya mungkin sudah tidak bisa di toleransi lagi, dan kalian harus charging terlebih dahulu.

Google Map Offline
Google Map Offline; Copyright©Tech in Asia Indonesia

Cara Pakai Google Maps Tanpa Internet

  1. Android

Untuk pengguna HP Android, langkah pertama yakni pastikan terlebih dahulu kalian terhubung ke jaringan WiFi publik yang bisa kalian akses. Atau mungkin kalian bisa pakai data kalian yang tersisa untuk mengunduh maps secara offline.

Ketika masih terhubung, silahkan masukkan dan cari jalan paling cepat untuk sampai tujuan, misal yakni seperti transmart terdekat, kemudian kalian pilih lokasinya. Kemudian klik ikon titik tiga yang ada, dan pilih opsi “Download Offline Map”.

Baca Juga: Netflix Jadi Inspirasi Facebook Hapus Jumlah Like IG?

  1. iOS

Sedangkan untuk pengguna ponsel berbasis iOS, langkahnya juga sama untuk point pertama yakni menyambungkan ke jaringan yang tersedia. Kemudian silahkan cari tempat yang ingin di tuju. Kemudian baru deh klik tap nama atau alamat tempat tersebut untuk memilih opsi “More”. Silahkan pilih “Download offline map” dan klik “Download”.

Oh ya, dikarenakan ini secara offline, maka kalian tidak bisa melakukan transit, bersepeda atau petunjuk arah berjalan. Begitu juga dengan info lalu lintas terkini, jalan alternatif, hingga panduan jalur. Tapi, kalian bisa menikmati Google Maps secara offlien tanpa membutuhkan kuota internet lagi. Selamat mencoba.

baca juga: Selain Lebih Bagus, Ini Kelebihan Samsung Galaxy A71 Pakai Super AMOLED Plus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.