Lama Berkuasa, Aplikasi Facebook Akhirnya Terkejar Juga Oleh Layanannya Sendiri

0
556
Facebook Apps
Copyright©Nyugat

Facebook Didekati Oleh WhatsApp dalam Jumlah Unduhan

Oketekno – Mungkin sebagian besar dari kalian sudah pada mengetahui bilamana layanan Facebook telah berkuasa dalam layanan internet, terutama dalam kategori sosial media. Akan tetapi selama 1 dekade terakhir ini, tingkat popularitasnya juga ditunjang oleh beberapa layanan yang merupakan hasil akuisisinya.

Dimana untuk salah satu layanan yang merupakan hasil akuisisinya dari perusahaan lain sebelumnya, kini telah berhasil menyundul aplikasi utamanya. Layanan yang dimaksudkan yaitu pesan instant, WhatsApp. Berdasarkan laporan terbaru menyebut kalau aplikasi ini telah mendapatkan jumlah unduhan sebanyak 5 miliar kali di Google Play Store.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet di Android dan iOS

Perlu diketahui bahwa cuman ada beberapa aplikasi Android yang berhasil lolos dan tembus sampai 5 miliar kali unduhan. Dimana untuk Facebook sendiri pada dasarnya baru menembus angka tersebut pada tahun 2019 kemarin, dan itupun berkat kerjasamanya dengan Samsung dan sejumlah OEM untuk menawarkan aplikasinya sejak pertama kali pembelian.

WhatsApp Messenger
WhatsApp Messenger; Copyright©Kompas

Sedangkan untuk WhatsApp sendiri telah mendapatkan jumlah unduhan tersebut pada bulan Desember 2019 kemarin. Dan untuk jumlah pengguna aktif bulanannya sampai 1,5 miliar pengguna, dimana jumlah tersebut jelas saja luar biasa, bahkan Facebook saja cukup sulit untuk menandinginya.

Baca Juga: Alasan Dark Theme WhatsApp Belum Kunjung Dirilis

Walaupun sudah fenomenal banget di Negara lain, akan tetapi di Negaranya sendiri WhatsApp terlihat masih berada dibelakang Facebook Messenger dan juga Snapchat. Mungkin ini dilatar belakangi oleh beberapa alasan keamanan data serta kebutuhan mereka terhadap fitur yang ada di dalam layanan tersebut.

Sekedar untuk diketahui saja bahwasanya Facebook telah berhasil melakukan akuisisi terhadap WhatsApp sejak tahun 2014 silam. Pada awal pembeliannya ini kedua pendiri dari layanan tersebut tetap diberikan kesempatan untuk memimpin layanannya sendiri, dan mendapatkan bagian dari perusahaan induknya juga.

Akan tetapi sejak saat Facebook berencana menayangkan iklan pada platform pesan instant terpopuler itu, menjadikan kedua pendiri WhatsApp memutuskan untuk hengkang dari perusahaan. Dan meninggalkan karyanya begitu saja.

baca juga: Netflix Jadi Inspirasi Facebook Hapus Jumlah Like IG?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.