Smartphone dengan Refresh Rate Tinggi Bikin Nyaman Main Game, Ternyata Ini Alasannya!

0
405
ROG Phone 2 Controller
ROG Phone 2; Copyright©PhoneArena

Penjelasan Refresh Rate Tinggi di Smartphone

Oketekno – Beberapa Smartphone Gaming yang telah beredar di pasaran, tentu saja memiliki refresh rate yang sangat tinggi, karena memang sang vendor sudah mengetahui ketika dengan teknologi yang pas, maka kualitas bermain game oleh pengguna bisa dinikmati dengan puas. Di Indonesia, misal seperti ASUS ROG Phone 2 yang memiliki refresh rate layar 120 Hz.

Akan tetapi tidak ada di perangkat gaming saja, beberapa ponsel biasa seperti Realme X2 Pro dan OPPO Reno Ace juga dilengkapi dengan refresh rate yang tinggi, yakni 90 Hz. Dan bagaimana sih refresh rate yang tinggi bisa membuat nyaman para pengguna ponsel dalam bermain game?

Baca Juga: OPPO Reno Series Berikutnya Terapkan Desain Kamera Selfie Berbeda

Perlu diketahui bahwa untuk Refresh Rate ini merupakan spesifikasi pada panel layar itu sendiri, untuk mengukur seberapa sering frame pada layar untuk diperbarui per detiknya. Jadi kalau di 120 Hz, maka layar akan memperbarui gambar sebanyak 120 kali dalam 1 detik, sehingga tidak terjadi lag ketika pengguna bermain game yang membutuhkan pergerakan cepat dan instant seperti PUBG Mobile dan COD Mobile misalnya.

Sebagian pengguna Smartphone terkadang masih ada yang suka salah dengan frame rate per second alias fps, dimana ini merupakan kualitas video. Jadi, untuk fps ini sendiri hanyalah sebuah kualitas yang bisa diubah suaikan oleh layar untuk mendapatkan tayangan terbaik di perangkat apapun. Untuk video dengan 120fps, bisa diputar pada layar 60Hz dengan penyesuaian secara otomatis, demi memberikan kenyamanan terhadap pengguna.

Memang tidak bisa dirasakan ketika menggunakan ponsel seperti biasa, akan tetapi kalau Smartphone dengan refresh rate 60 Hz, 90 Hz, dan 120 Hz baru bisa diketahui ketika ketiganya didempetkan dan menampilkan kecepatan animasi gambar atau transisi antar menu secara bersamaan.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa refresh rate layar Smartphone yang tinggi juga memakan kapasitas baterai lebih besar, sehingga daya tahan baterai tidak bisa tahan terlalu lama. Oleh karena itu, beberapa perangkat menawarkan opsi pada pengguna, misal seperti ASUS ROG Phone 2 yang bisa diubah menjadi 90 Hz untuk hemat baterai.

baca juga: Mulai Terungkap, Ternyata Harga Samsung Galaxy S20 Mulai Segini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.