Waspadai 3 Hal Berikut Untuk Jaga Keamanan Akun WhatsApp Kalian

0
274
Hack WhatsApp Ikon
Copyright ©SADAP

Hal-Hal yang Bisa Ancam Keamanan Akun WhatsApp Kalian

Oketekno – Untuk sekarang ini memang keamanan data menjadi salah satu fokus perhatian yang harus dijaga oleh setiap pengguna. Memang penyedia layanan sudah memberikan sistem keamanan yang canggih dan cukup kuat, akan tetapi itu berlaku secara global, termasuk WhatsApp salah satunya.

Dan untuk melakukan penjagaan lebih baik, pengguna harus mewaspadai diri sendiri agar tidak terjadi kerugian pada perangkatnya. Misalnya saja seperti peretasan akun, pengambilan data yang ada di Smartphone, hingga pengambil alihan sistem kendali ponsel.

Beberapa kasus kejahatan yang sering terjadi yakni terkait penyebaran pesan spam, hoaks, hingga kelabuhi pengguna. Dan di Indonesia sendiri selama 1 tahun kemarin, ada sebanyak 1.617 laporan terkait kejahatan siber.

Baca Juga: Update Mobile Legends Kali Ini Baru Mantap, Manjakan Hero Roaming!

Dikarenakan aplikasi WhatsApp begitu fenomenal, jelas saja para penjahat akan memanfaatkan ini untuk menjaring banyak korban dalam waktu singkat. Apa saja tindakan yang harus diwaspadai bisa langsung simak berikut ini:

WhatsApp iPad
Copyright ©iPhone Hacks
  1. Mengaku Teman

Nantinya pelaku akan mengaku kenal dengan kalian, entah itu kerabat dekat, teman lama, teman sekolah, dan masih banyak lagi lainnya. Dan ketika calon korban dihubungi, berbagai macam rayuan mulai dilontarkan seperti terkena musibah lah, di situasi terdesak lah, hingga mereka dapat mengirimkan sejumlah uang kepadanya.

Untuk mengantisipasinya, kalian jangan mudah percaya terhadap orang tersebut. Dan kalian harus perhatikan detail gaya bahasa yang digunakan, rincian cerita kejadian, hingga menanyakan ke teman lainnya yang juga mengenal sahabat kalian tersebut untuk memastikan kebenarannya. Jika sudah janggal, langsung blok dan laporkan nomor.

Baca Juga: Sah! WhatsApp Dark Mode Sudah Mulai Bergulir

  1. Godaan Hadiah

Berikutnya yakni ada godaan hadiah yang siap didapatkan oleh pengguna, dan tentu saja ini adalah palsu. Dimana kalian hanya akan bisa mengirimkan sejumlah uang untuk ongkos pengiriman, biaya admin, dan semacamnya tanpa mendapatkan kiriman hadiah yang telah ditawarkan sebelumnya.

Untuk mencegah hal ini, kalian harus menutup nafsu terlebih dahulu dan memeriksa keasliannya. Jika memang lembaga yang menawarkan dan nomor yang digunakan untuk menghubungi itu dari perusahaan resmi, bisa dicoba. Tapi kalau abal-abal, nomor ndak jelas, bahasa acak-acakan bisa patut dihindari.

  1. Tautan Mencurigakan

Terakhir yakni adanya kiriman tautan mencurigakan di aplikasi WhatsApp, dimana pengguna akan digoda dengan tautan tersebut, dimana di dalamnya terdapat sejumlah hal menarik untuk diketahui. Mungkin saja ada tiket kupon belanja, atau mungkin klaim hadiah lainnya. Jelas langkah semacam ini adalah palsu, dan kalian harus menghindari hal semacam ini.

baca juga: Smartphone dengan Refresh Rate Tinggi Bikin Nyaman Main Game, Ternyata Ini Alasannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.