Heboh! Ternyata Ini Penyebab Channel CS Lenyap dari YouTube

0
439
Banned YouTube
Copyright©AndroidSelular

Masalah yang Sebabkan Channel YouTube Calon Sarjana Lenyap

Oketekno – Bagi kalian yang terus mengikuti perkembangan berita teknologi, tentunya Jsudah pada mengetahui terkait kasus yang terjadi pada channel YouTube, Calon Sarjana. Dimana untuk kanal tersebut, telah mendapatkan jumlah subscriber yang begitu banyak.

Namun sayang di balik itu ada banyak sekali video yang merupakan hasil plagiasi dari channel milik orang lain, dimana mereka cuman mengganti logo yang ada pada video dan background suara saja. Dan jelas ini membuat geram sebagian besar youtuber Tanah Air yang berkarya sendiri untuk membuat video kreatif mereka.

Dan belum lama ini heboh lagi terkait lenyapnya akun Channel YouTube Calon Sarjana, dimana ini pertama kali dilaporkan pada hari Rabu malam. Akan tetapi, untuk sekarang channel tersebut sudah kembali lagi muncul.

Baca Juga: Android R Terlihat Sudah Berjalan di Smartphone

Namun sayang, itu bukan dari akun lamanya yang berhasil dikembalikan. Melainkan mengganti salah satu anggota keluarganya, yakni Calon Ilmuwan menjadi Calon Sarjana. Sehingga untuk sekarang anggota keluarganya telah menghilang 1.

New Calon Sarjana
New Calon Sarjana; Copyright©inetdetik

Berkaitan dengan hilangnya channel CS yang sempat memiliki pengikut 13 juta subscriber ini, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah buka suara. Ferdinandus Setu, Plt Kepala Biro Humas Kominfo telah mengungkap kalau ini bukan permintaan dari Kominfo.

“Ternyata di-suspend oleh Youtube karena pelanggaran HAKI. Akun Calon Sarjana banyak menggunakan thumbnail video milik akun lain di luar negeri secara tanpa izin. Jadi bukan atas permintaan Kominfo,” seperti itulah yang disampaikan oleh Ferdinandus sebagaimana dilansir dari detikINET.

Baca Juga: Mulai Terungkap, Ternyata Harga Samsung Galaxy S20 Mulai Segini

Untuk keterangannya ini searah dengan yang diungkap oleh channel YouTube JT, dimana youtuber inilah yang menjadi korban plagiat Calon Sarjana. Dalam videonya yang berjudul ‘i terminated a YouTuber with 13 MILLION Subs…’ JT mengungkap ketika setelah mengetahui praktek dari Channel CS, ia berhasil mengajukan copyright strike terhadap video CS yang meniru kontennya.

Perlu diketahui bahwa ketika suatu channel terkena 3 copyright strike dari 3 youtuber lainnya, jelas YouTube akan langsung menghapus channel yang ketahuan melanggar tersebut. Dan JT menjadi salah satu strike CS, dan setelah ia mengetahui ada videonya yang diduplikasi dari channel lain, JT langsung menghubungi pihak terkait untuk lakukan strike bersama.

baca juga: Lama Berkuasa, Aplikasi Facebook Akhirnya Terkejar Juga Oleh Layanannya Sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.