Mantap! Keamanan HP Android Kini Lebih Baik Ketimbang iPhone

0
707
Best Android Security
Best Android Security; Copyright©CyberPunk

HP Android Terbukti Lebih Sulit Dibobol Ketimbang iPhone

Oketekno – Persaingan sistem keamanan dari Google dan juga Apple terus berjalan dengan sengit, terlebih keduanya juga memiliki sistem operasi yang diandalkan banyak kalangan. Jelas saja, menjadikan keduanya tanggung jawab penuh terhadap data banyak pengguna ponsel yang menggunakan OS besutannya, HP Android dan iPhone.

Sering kali disebutkan kalau sistem keamanan Android ini lebih rendah, dikarenakan Google memberikan kebebasan terhadap pihak luar untuk melakukan pengembangan atas sistem operasi buatannya itu. Belum lagi kemampuannya untuk pemasangan aplikasi dari pihak ketiga yang sangat memungkinkan untuk dilakukan begitu saja.

Baca Juga: Bukan Cuman RAM 16GB, Xiaomi Mi 10 Pro Juga Akan Didukung Super Fast Charging

Jelas itu berbeda dengan iPhone yang terasa lebih rumit, aplikasi yang terpasang pun cukup terbatas. Akan tetapi ini tidak terlalu berasa bagi pengguna, lantaran pembatasan pemasangan aplikasi ini tidak terjadi di layanan yang besar seperti WhatsApp, YouTube, Facebook ataupun yang lainnya.

Android
Android; Copyright©Getty Images

Akan tetapi untuk sekarang ini terbukti kalau keamanan HP Android lebih baik ketimbang iPhone. Itu berdasarkan uji coba pembobolan data yang dilakukan pihak hukum AS untuk membuka ponsel pelaku kejahatan guna mengungkap kasus yang telah dilakukannya.

Baca Juga: 5 Brand Smartphone Terbaik di Dunia, Samsung dan Huawei Tetap Bersaing!

Walaupun beberapa kali diminta oleh pihak keamanan untuk membuka akses iPhone itu, Apple tetap menolaknya. Namun penegak hukum AS tetap bisa melakukannya tanpa bantuan dari Apple, yakni dengan menggunakan teknologi dari Cellebrite, Grayshift atau MSAB.

Sedangkan HP Android nyatanya kini lebih sulit di bobol. Sebagaimana terang Detektif Rex Kiser yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan forensik digital untuk Kepolisian Fort Worth, “Setahun yang lalu kita tidak bisa membobol iPhone, tapi kita bisa memasuki semua ponsel Android. Kini kita tidak bisa masuk ke banyak ponsel Android.”

Beberapa unit HP Android yang sudah masuk dalam daftar uji pembobolannya kali ini dan tidak bisa diambil akses data seperti pesan, catatan GPS, dan semacamnya yakni Google Pixel 2, Samsung Galaxy S9, dan juga Huawei P20 Pro.

baca juga: Mulai Dijual Besok, Segini Harga Samsung Galaxy Note 10 Lite di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.