Aplikasi WhatsApp Berbahaya, Apa Sebabnya?

0
920
WhatsApp FinSpy
Copyright ©Oketekno

WhatsApp Sengaja Buat Celah Keamanan

OKETEKNO – Untuk aplikasi WhatsApp ini sudah menjadi andalan banyak kalangan, lantaran itu disebabkan oleh kemudahan dalam pengoperasiannya serta memiliki fitur yang cukup lengkap. Terlebih untuk perpesanannya sendiri juga sudah terlindungi oleh sistem enkripsi end-to-end sehingga tidak memungkinkan pihak ketiga untuk mengintip.

Meski demikian, disebutkan kalau layanan pesan instant dari Facebook ini masih tidak aman. Ini disampaikan oleh pavel Durov selaku CEO Telegram, yang mengungkap kalau aplikasi ini tetap memiliki banyak celah keamanan yang cukup membahayakan.

Baca Juga: Uji Extreme dari Sang Pakar, Huawei Mate 30 Pro Tahan Luar Biasa!

Ada beberapa masalah yang dijadikan sebagai contoh Durov dalam mengungkap masalah celah keamanan aplikasi WhatsApp, dan salah satunya yakni terkait pembobolan akun milik CEO Amazon, Jeff Bezos. Orang terkaya di Dunia itu telah berhasil disadap hanya karena mengklik sebuah video yang masuk ke nomornya.

Pavel Durov Telegram
Copyright ©Yahoo Finance

Bezos sendiri yang menerima file video ini tidak menyadari kalau sudah tersusupi kode jahat yang memungkinkan untuk mengeruk seluruh datanya yang ada di perangkat iPhone miliknya. Dengan demikian, untuk pesan bernada intim bersama selingkuhannya yang terjadi di aplikasi WhatsApp pun juga terungkap.

Baca Juga: Game PUBG Mobile dan Mobile Legends Bisa Rugikan Indonesia, Kok Bisa?

Namun, pihak Facebook sebagai induk perusahaan layanan pesan instant ini mengungkap jika masalah yang dialami oleh Bezos bukan karena kesalahan aplikasi WhatsApp, melainkan adanya celah keamanan yang terjadi di perangkat iPhone berbasis iOS dari Apple. Dan bisa jadi kelemahan ini juga dapat terjadi di aplikasi pesan instant lainnya seperti Telegram.

Bukan cuman itu saja, melainkan PBB juga melarang penggunaan aplikasi ini sebagai media komunikasi para anggotanya di seluruh Dunia. Dan Durov sendiri telah memberikan 12 bukti lubang keamanan yang terjadi di aplikasi pesan instant pesaingnya itu dalam setahun terakhir.

Dan ironisnya celah keamanan pada aplikasi WhatsApp ini sengaja dibuat sebagai akses backdoor aparat keamanan dari berbagai negara untuk lakukan penyadapan terhadap akun tertentu. Durov berani mengungkap soal ini, lantaran pihaknya juga didatangi oleh aparat keamanan dari berbagai Negara untuk membuka keamanan Telegram, namun pihaknya menolak hal demikian.

baca juga: Cara Mengundang Orang Lain Untuk Masuk Grup WhatsApp Pakai QR Code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.