Lagi! Ini Daftar Aplikasi Android Berbahaya di Google Play Store

0
487
Android Malware
Android Malware; Copyright©Liputan6

Aplikasi Android Ini Berbahaya dan Sempat Lolos di Google Play Store

OKETEKNO – Walaupun pada dasarnya aplikasi di Google Play Store sudah melalui tahap penyaringan yang ketat, akan tetapi beberapa developer ada saja caranya untuk mengelabuhi sistem yang dimiliki oleh Google tersebut demi menjaga keamanan HP Android penggunanya.

Dan belum lama ini telah ditemukan kembali ada sebanyak 24 aplikasi nakal yang masih bertebaran di toko aplikasi android tersebut. Informasi ini berasal dari VPN Pro, disebutkan kalau aplikasi berbahaya itu telah mendapatkan jumlah unduhan sebanyak 382 juta kali.

Baca Juga: Muncul di Geekbench, Performa Samsung Galaxy A41 Terungkap

Awalnya, VPN Pro ini mulai curiga dengan sebuah aplikasi VPN yang telah dibuat oleh Hi Security. Dan setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, pengembang aplikasi ini ternyata telah melakukan afiliasi dengan perusahaan asal China bernama Shenzen Hawk, dimana ini merupakan anak perusahaan elektronik asal China juga bernama TCL Corporation.

Aplikasi Android Berbahaya
Aplikasi Android Berbahaya; Copyright©VPN Pro

Setidaknya ada 3 aplikasi VPN yang dibuat oleh Hi Security, dan setelah dilakukan analisa ternyata izin yang diminta terlalu berlebihan terhadap sejumlah aplikasi lain, dan beberapa diantaranya diketahui juga telah memuat malware dan rougeware (antivirus palsu). Jelas ini akan membahayakan pengguna HP Android ketika dilakukan pemasangan.

Baca Juga: Tidak Lama Lagi, HP Android Ini Tamat dan Tidak Lagi Edar di Pasaran

Beberapa aplikasi yang diketahui berbahaya dan diketahui sebelumnya masih berkeliaran di Google Play Store diantaranya yakni seperti World Zoo, Puzzle Box, Word Crossy!, Soccer Pinball, Dig it, Laser Break, Word Crush, Music Roam, File Manager, Sound Recorder, Joy Launcher, Turbo Browser, dan Private Browser.

Kemudian beberapa aplikasi lain yang terindikasi berbahaya juga yakni seperti Weather Forecast, Calendar Lite, Candy Selfie Camera, Candy Gallery, Super Cleaner, Super Battery, Virus Cleaner 2019, Hi Security 2019, Hi VPN (Free VPN), Hi VPN Pro, dan juga Net Master.

Akan tetapi untuk sekarang ini aplikasi tersebut sudah dibersihkan dari Google Play Store. Namun jika kalian masih memasangnya, disarankan untuk segera menghapus saja, karena memang aplikasi tersebut terdeteksi membahayakan Smartphone kalian.

baca juga: Muncul di Geekbench, Performa Samsung Galaxy A41 Terungkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.