Hati-Hati! Kini Muncul Celah Keamanan di WhatsApp Web

0
372
WhatsApp Web Serv
WhatsApp Web; Copyright©Apowersoft

Data di Komputer Pengguna Bisa Terancam

Oketekno – Banyak kalangan meyakini kalau layanan pesan instant WhatsApp ketika sudah menggunakan enkripsi end-to-end maka keamanan bisa dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan layanan lain yang tidak menerapkan fitur keamanan tersebut. Namun nyatanya, tetap ada saja beberapa momen yang membahayakan.

Ada saatnya dimana untuk sistem keamanan yang dimiliki oleh WhatsApp ini memunculkan titik lemahnya, sehingga peretas bisa mengambil data pengguna dengan mudah. Dan kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena kejadian ini menimpa para pengguna W.A Web.

Baca Juga: Samsung Tunjukkan Bagian Depan Samsung Galaxy S20 Menjelang Perilisannya

Melansir dari Mashable, untuk celah keamanan ini dapat dieksploitasi setelah korban melakukan klik terhadap sebuah link preview melalui platform kirim pesan instant tersebut. Akan tetapi kejadian ini tidak menimpa banyak pengguna, melainkan cuman para pengguna perangkat buatan Apple saja.

WhatsApp Web Update Stiker
WhatsApp Web Update Stiker; Copyright©Istimewa

Pengguna terdampak kali ini yaitu mereka yang menghubungkan Smartphone berbasis iOS miliknya ke perangkat PC ataupun MacOS melalui layanan WhatsApp Web. Dan celah tersebut mengancam keselamatan data yang ada di perangkat Laptop ataupun Komputer pengguna.

Baca Juga: Muncul di Geekbench, Performa Samsung Galaxy A41 Terungkap

“Sebuah celah di WhatsApp Desktop saat dipasangkan dengan WhatsApp for iPhone membolehkan terjadinya scripting lintas situs dan pengaksesan data lokal. Untuk mengeksploitasi celah ini korban harus mengklik sebuah preview link dari pesan teks yang dibuat dengan khusus,” seperti itulah keterangan developer dalam laman Facebook bug report.

Dan untuk celah keamanan ini sendiri ditemukan oleh Gal Weizman yang merupakan seorang peneliti keamanan. Dia sudah melaporkan kejadian ini dan pengembang sendiri segera merilis pembaruan untuk masalah yang menimpa para penggunanya tersebut.

Seorang peneliti keamanan, Patrick Wardle telah berkomentar soal masalah ini dimana celah keamanan WhatsApp Web ini cukup repot untuk dieksploitasi. Akan tetapi ini bisa juga menimbulkan kepanikan terhadap penggunanya. Dan dirinya juga senang karena ada peneliti yang menemukan celah keamanan ini, sehingga sistem keamanan platform ini bisa lebih baik lagi.

Baca Juga: Lagi! Ini Daftar Aplikasi Android Berbahaya di Google Play Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.