Huawei Tidak Sendirian, OPPO, Xiaomi dan Vivo Juga Ikut Tantang Google

0
354
Google Play Store
Copyright ©AndroidPIT

Vendor Asal China Kerjasama Tantang Google Play Store

Oketekno – Untuk sekarang ini cuman perusahaan Huawei saja yang sementara tidak dapat menikmati berbagai macam layanan dari perusahaan asal Amerika Serikat, tidak terkecuali Google. Akan tetapi kedepan, bisa jadi kalau banyak vendor asal China lainnya yang akan terdampak dari kasus tersebut pemblokiran ini.

Dikarenakan tidak diizinkan untuk menggunakan layanan Play Store, maka pada akhirnya vendor asal China ini membuat sendiri toko aplikasi yang tetap memungkinkan pengguna mendapatkan aplikasi yang diinginkan. Akan tetapi, untuk sekarang ini jumlahnya tidaklah banyak dan masih jauh jika dibandingkan dengan toko aplikasi milik Google tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Pencari Jodoh Populer Ini Semakin Cuan Saja

Namun baru-baru ini ada informasi yang mengungkap kalau Huawei akan didukung oleh vendor asal China lainnya seperti OPPO, Vivo dan juga Xiaomi dalam menggarap pesaing Play Store. Kabarnya, sederet perusahaan teknologi ini nanti akan bersama untuk menantang Google.

Aplikasi Android Google Play Store
Copyright ©hitekno

Disebutkan kalau developer dari mancanegara nantinya dapat mendistribusikan aplikasi di toko aplikasi besutan vendor asal China ini secara simultan. Huawei, bersama OPPO, Xiaomi dan Vivo ini nantinya akan bergabung dalam Global Developer Service Alliance (GDSA), sehingga ini nanti bisa memudahkan developer game, musik, film, dan yang lain untuk melakukan ekspansi ke seluruh Dunia.

Kabarnya, untuk GDSA ini sudah meluncur pada bulan Maret 2020 mendatang, namun karena virus Corona bisa jadi jadwalnya akan mengalami kemunduran. Dan prototipe nantinya baru akan tersedia di 9 Negara, diantaranya termasuk Indonesia, India, dan juga Rusia. Akan tetapi informasi ini masih belum mendapatkan konfirmasi dari vendor terkait.

Sekedar untuk diketahui bahwasanya toko aplikasi ini merupakan salah satu bisnis paling menggiurkan. Dimana menurut analis Sensor Tower, disebutkan kalau Google secara global telah berhasil meraih pendapatan sebesar USD 8,8 miliar sepanjang tahun 2019 hanya dari Play Store saja. Kalau memang Huawei, dan sederet vendor asal China lainnya berhasil membuatnya juga, besar kemungkinan keuntungannya akan berkurang untuk tahun ini.

baca Juga: Lagi! Ini Daftar Aplikasi Android Berbahaya di Google Play Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.