Bahaya! 9 Aplikasi Ini Ancam Keamanan Akun Facebook Kalian

0
251
Copyright ©Lifewire

Aplikasi Android yang Malah Membahayakan

OKETEKNO – Ada berbagai macam aplikasi yang beredar luas di Google Play Store, App Store, atau mungkin dari pihak ketiga seperti APKMirror, APKPure, dan masih banyak lagi lainnya. Akan tetapi sebagai pengguna perangkat yang baik, penting untuk waspada lantaran ada beberapa yang bisa mengancam keamanan akun sosmed kalian, termasuk Facebook.

Dalam laporan terbaru dari Trend Micro menyebutkan kalau pihaknya telah menemukan beberapa aplikasi terkandung malware bertebaran di Google Play Store, sehingga ini bisa saja mengancam keselamatan data bagi para pengguna HP Android.

Baca Juga: Xiaomi Rilis HP Baru Hari Ini, Penerus Redmi 8A?

Disebutkan oleh perusahaan keamanan siber asal Jepang itu kalau ada sekitar 9 aplikasi android yang ternyata palsu beredar di Play Store. Dimana untuk aplikasi-aplikasi ini berkemungkinan mampu mengakses akun Facebook pengguna ataupun Google tanpa sepengetahuan mereka.

Malware Android
Malware Android; Copyright©Liputan6

Trend Micro sendiri juga mengungkap kalau malware ini telah bersembunyi di dalam aplikasi seperti “Speed Clean” atau “Super Clean”. Dengan demikian, untuk para pelaku kejahatan ini berpura-pura ingin memaksimalkan performa perangkat pengguna, yang pada dasarnya itu tidak diperlukan.

Baca Juga: OPPO Reno 3 Vitality Dirilis, Berikut Harga dan Spesifikasinya

Akan tetapi bukannya malah membuat perangkat makin ringan, melainkan hal sebaliknya yang akan terjadi ditambah lagi keamanan data Facebook yang mulai dikeruk. Ketika proses pengerukan data ini, jelas saja smartphone kalian akan tambah semakin berat, lantaran kinerja yang terpusat pada aplikasi FB lebih tinggi ketimbang biasanya.

Untuk lebih jelas dan amannya, bisa kalian simak daftar aplikasi android berbahaya yang mengancam akun Facebook kalian dalam daftar berikut:

  1. Shoot Clean-Junk Cleaner, Phone Booster, CPU Cooler
  2. Super Clean Lite- Booster, Clean&CPU Cooler
  3. Super Clean-Phone Booster, Junk Cleaner & CPU Cooler
  4. Quick Games-H5 Game Center
  5. Rocket Cleaner
  6. Rocket Cleaner Lite
  7. Speed Clean-Phone Booster, Junk Cleaner & App Manager
  8. LinkWorldVPN
  9. H5 gamebox

Itulah kesembilan aplikasi android yang bisa saja membuat akun Facebook kalian dalam bahaya. Jika kalian menemukan atau memasang salah satunya, segera uninstall dan bersihkan perangkat kalian agar bersih dari file-file jahat yang sudah tertanamkan di perangkat.

baca juga: Aplikasi Asli Indonesia Punya Tempat Khusus di Layanan Apple

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.