Facebook Tidak Pandang Bulu Soal Penutupan Akun

0
323
Facebook
Facebook; Copyright©AndoluAgency

Facebook Hapus Akun Intelijen

OKETEKNO – Untuk masalah keamanan data sekarang ini perusahaan Facebook memang lebih keras dan ketat jika dibandingkan dengan sebelumnya. Itu dilakukan karena pihaknya ingin memberikan kepercayaan perlindungan data lebih baik lagi setelah kasus besar yang menimpanya di tahun 2018 silam.

Dan itu dibuktikan dengan kejadian belum lama ini yang mana raksasa sosial media asal Amerika Serikat tersebut telah membekukan jaringan akun dimana dimanfaatkan oleh badan intelijen militer Rusia. Mereka menggunakannya untuk menebar pesan palsu secara daring dengan mengincar Ukraina serta negara Eropa Timur lainnya.

Baca Juga: Samsung Galaxy M51 Dipastikan Rilis dengan Baterai Jumbo

“Walaupun orang-orang di belakang jaringan ini berusaha menutupi identitas dan koordinasi mereka, penyelidikan yang kami lakukan menemukan keterkaitan dengan dinas intelijen militer Rusia,” seperti itulah informasi yang disampaikan oleh Facebook dalam pernyataan resminya.

Facebook Spam
Facebook Spam; Copyright©Teknologi Inilah

Dan berkaitan dengan ini, Facebook sendiri mengaku telah bergelut menghentikan pemerintah serta kelompok politik yang memanfaatkan platformnya guna menebar informasi palsu dan menyesatkan. Dan secara bertahap, telah dipastikan kalau pihaknya sudah menghentikan gerakan penyampaian informasi yang salah dari berbagai Negara, termasuk diantaranya Rusia.

Baca Juga: Samsung Galaxy S20 Series Mulai Dijual Hari Ini di Indonesia, Harganya?

Berkaitan dengan masalah ini, pihak Kementerian Pertahanan Rusia masih belum menanggapi. Namun kepala kebijakan keamanan siber Facebook bernama Nathaniel Gleicher telah mengungkap kalau operasi terbaru dari Rusia ini telah melibatkan 100 akun di platform tersebut.

Ternyata tidak hanya di raksasa jejaring sosial ini saja, melainkan Instagram juga demikian, dimana ada beberapa sosok palsu yang berpura-pura sebagai wartawan di negara yang menjadi targetnya. Dan akun ini akan menabur cerita palsu masalah politik untuk memecah belah, seperti korupsi, ketegangan antar suku, dan lainnya.

Pihak Facebook sendiri telah menjelaskan kalau sudah melakukan pembekuan terhadap 2 kelompok akun lainnya yang tidak terkait dengan operasi Rusia. Dimana untuk satu diantaranya merupakan jaringan terkait Iran dengan target AS, dan satu lainnya berkaitan dengan perusahaan humas di Vietnam.

baca juga: Facebook Bakal Segera Hapus Aplikasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.