HP Black Market Sebelum dan Sesudah Aturan IMEI Berlaku

0
438
HP Black Market
HP Black Market; Copyright©Meramuda

Ketentuan Blokir HP Black Market

OKETEKNO – Untuk sekarang ini peraturan mengenai pemblokiran jaringan HP Black Market di Indonesia sudah mulai diberlakukan oleh pihak pemerintah bersama para operator telekomunikasi setempat. Dan kali ini akan dijelaskan terkait nasib ponsel BM sebelum dan sesudah aturan ini sah diberlakukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang cuman masa uji coba saja, dimana untuk pemberlakuan resmi baru dilakukan pada tanggal 18 April 2020 mendatang. Dengan demikian, nasib pengguna perangkat yang tidak resmi baru berasa pada tanggal setelah itu.

Baca Juga: HP Lokal Ini Hadir dengan Koneksi 4G, Harga Kurang dari Rp 500 Ribu!

Akan tetapi tidak semua pengguna ponsel black market terdampak atas regulasi baru tersebut, melainkan cuman beberapa kalangan saja yang bakal dilakukan pemblokiran. Berdasarkan keterangan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Kominfo bernama Ismail, mengungkap kalau persoalan ini berlaku untuk ke depan.

IMEI Ponsel
IMEI Ponsel; Copyright©detikINET

Dengan demikian untuk seluruh HP black market yang dibeli sebelum tanggal 18 April 2020 masih bisa digunakan dan mendapatkan jaringan di Indonesia dari seluruh operator telekomunikasi setempat. Akan tetapi kalau ketika perangkat ilegal itu dibeli setelahnya, jelas saja akan diblokir jaringannya.

Baca Juga: Orang Spesial Belum Tentu Nomor 1 di WhatsApp, Nih Cara Mengetahuinya!

“Ponsel BM yang sekarang sampai April nggak ada masalah, ini bicara ke depan, setelah April,” seperti itulah keterangan yang disampaikan oleh Ismail sebagaimana dilansir dari media detikINET. Namun ada beberapa pengecualian dengan syarat tertentu.

Siapa saja bisa mendapatakan persyaratan tersebut yakni seperti melakukan pembelian ponsel di luar negeri setelah peraturan blokir IMEI ini berlaku tanggal 18 April 2020 mendatang. Smartphone diklaim masih bisa mendapatkan jaringan, asalkan memberikan pajak pertambahan nilai (PPN) 10% dan pajak penghasilan (PPh) sebesar 7,5%.

Dan sebagai tindakan pemblokiran HP black market ini tengah mempertimbangkan 2 metode. Untuk whitelist tidak akan dapat sinyal, nama istilahnya normally closed. Sedangkan metode kedua yakni blacklist, dimana ketika beli diberi hidup dulu dan beberapa saat atau sampai harian akan ada notifikasi kalau perangkatnya ilegal.

baca juga: Cara Baru Cek IMEI HP Kalian Agar Tetap Dapet Jaringan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.