Samsung Galaxy S20 Series yang Pertama Usung Layar 120Hz, Fungsinya?

0
392
Samsung Galaxy S20 Ultra
Galaxy S20 Ultra; Copyright©YangCanggih

Fungsi Layar 120Hz di Samsung Galaxy S20 Series

OKETEKNO – Dikarenakan ini bukanlah teknologi baru, jelas saja kalian sudah tidak asing lagi dengan penggunaan layar 120Hz. Akan tetapi kalau dari ekosistem Samsung sendiri, jelas saja ini menjadi yang pertama kalinya. Samsung Galaxy S20 series menjadi perangkat pertama dari sang vendor dengan layar seperti itu.

Beberapa perangkat premium terutama untuk kebutuhan gaming, dimana salah satunya yakni ASUS ROG Phone 2 sudah menggunakan layar ini. Dan apa sih keunggulan dari penggunaan layar ini, apakah worth it di ponsel premium kekinian?

Baca Juga: HP Lokal Ini Hadir dengan Koneksi 4G, Harga Kurang dari Rp 500 Ribu!

Jelas saja kalau dibilang worth it sih iya, lantaran dengan adanya refresh rate yang besar menjadikan perangkat memiliki hasil visual lebih mulus ketimbang panel layar dengan refresh rate kecil. Paling berasa ketika digunakan untuk bermain game tembak-tembakan, atau mungkin game lain dengan kebutuhan berat.

Layar Samsung Galaxy S20
Layar Galaxy S20; Copyright©Kompas Tekno

Contohnya saja seperti permainan PUBG Mobile atau COD Mobile, dimana keduanya akan memiliki kualitas gambar lebih mulus ketika dimainkan pada perangkat dengan frame rate 120 fps di layar 120Hz, dibandingkan dengan dijalankan di perangkat dengan berlayar 60fps di layar 60Hz.

Baca Juga: Facebook Rilis Aplikasi Baru, Senjata Baru Kuasai Sosmed Sepenuhnya!

Bukan cuman frame rate yang besar saja, melainkan Samsung Galaxy S20 juga dilengkapi dengan teknologi touch sensitive yang mencapai 240Hz sehingga memungkinkan layarnya ini lebih responsif dan makin nyaman juga pastinya saat dipakai bermain game.

Dan untuk refresh rate ini sendiri bisa diatur pada menu pengaturan secara manual, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Karena kalau berada di refresh rate 120Hz terus, maka sayang baterai ponsel yang akan bekerja lebih keras, sehingga terjadi keborosan daya.

Mengutip dari informasi The Verge, disebutkan kalau peningkatan frame rate layar dari 60Hz ke 120Hz bisa menyebabkan masa pakai baterai lebih cepat 10%. Dan di Samsung Galaxy S20 series sendiri mode tersebut bisa menampilkan visual Full HD+ saja.

baca juga: Membandingkan Galaxy S20 Ultra dan iPhone 11 Pro Max di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.