Uji Blokir Ponsel Black Market Tidak Sampai Berimbas ke Pengguna

0
520
Ponsel BM
Ponsel BM; Copyright©Creative Market

Ponsel Black Market Tidak Terkena Imbasnya Saat Ini

OKETEKNO – Sudah beberapa hari terakhir ini uji coba blokir Ponsel Black Market telah dilakukan di Indonesia. Ini merupakan langkah awal pemerintah untuk memastikan apakah sistemnya sudah bisa bekerja dengan baik, sebelum pada akhirnya peraturan resmi diberlakukan pada tanggal 18 April 2020 mendatang.

Akan tetapi kenapa pengguna perangkat BM di Tanah Air masih aman-aman saja tanpa ada gangguan sama sekali? Ternyata itu bukan cuman karena mereka membeli perangkat sebelum peraturan berlaku, karena memang uji coba ini tidak melibatkan pengguna secara luas.

Baca Juga: Orang Spesial Belum Tentu Nomor 1 di WhatsApp, Nih Cara Mengetahuinya!

Group Head Corporate Communication XL Axiata bernama Tri Wahyuningsih telah menjelaskan kalau uji coba kali ini tidak berdampak pada pelanggan yang menggunakan ponsel resmi ataupun ilegal yang sudah beredar di pasaran.

Sibina
Sibina; Copyright©Sinyal Magazine

Pihak pemerintah bersama operator telekomunikasi di Indonesia cuman melakukan uji coba blokir ponsel black market ini terhadap pengguna secara internal alias tertutup saja. Dengan demikian tidak melibatkan banyak pihak dalam masalah tersebut.

Baca Juga: Kapan Xiaomi Mi 10 Series Datang ke Indonesia?

“Ini hanya (uji coba pemblokiran secara) teknis dan di lingkungan tertutup. Uji coba ini tidak akan berdampak ke pelanggan,” seperti itulah yang disampaikan oleh Tri Wahyuningsih sebagaimana dilansir dari detikINET.

Ada 2 metode yang tengah dilakukan pengujian dimana pada kantor XL telah diuji metode whitelist, sedangkan di kantor Telkomsel telah dilakukan pengujian metode blacklist. Dan dalam uji coba kali ini, pemblokiran ponsel ilegal itu nantinya akan menerima data dari pemerintah, Kementerian Perindustrian yang mengelola database IMEI, yaitu Sistem Informasi Basis Database IMEI Nasional (Sibina).

Untuk sekarang ini masih dalam tahap permukaan saja pembahasan mengenai blokir ponsel black market ini, namun sudah siap dan cukup matang untuk diberlakukan terhadap pengguna luas. Ada rencana kalau pemblokiran tidak cuman dari segi jaringan telekomunikasi saja, melainkan juga terhadap koneksi WiFi.

baca juga: Cara Baru Cek IMEI HP Kalian Agar Tetap Dapet Jaringan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.