Karena Ini, Jadikan Facebook Semakin Bijak?

0
227
Revenge Porn Facebook
Copyright©New Mobility

Facebook Berikan Saran Untuk Pemerintah

OKETEKNO.COM – Untuk platform sosial media seperti Facebook dan yang lainnya sekarang ini sudah menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh banyak kalangan. Banyak kehidupan yang mengandalkan platform seperti ini di dunia nyata, mulai dari berbagi momen, keseruan, belajar, hingga bisnis sekalipun.

Akan tetapi untuk konten-konten tidak jelas sekalipun juga sudah menjadi hal biasa di platform sosial media seperti ini. Beberapa diantaranya yakni seperti penyebaran ujaran kebencian, rencana pengeroyokan, hingga masalah besar seperti terorisme.

Baca Juga: Malware Ini Nggak Ada Obat Jika Sudah Masuk HP Android Korban

Karena hal demikian, pihak pemerintahan bersama pihak lain juga telah berdebat mengenai sistem dan cara untuk menjaga keamanan sekaligus melindungi kebebasan bereksperimen oleh pengguna melalui platform sosial media berikut.

Perusahaan Facebook
Perusahaan Facebook; Copyright©MLDSPOT

Atas permasalahan seperti ini, Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook telah mengajak pemerintah bekerja sama dengan penyedia platform sepertinya, mungkin bisa bersama Twitter, LINE, YouTube, Snapchat, Tik Tok, atau mungkin pihak lain.

Bahkan salah satu perusahaan sosial media terbesar di dunia ini juga telah menerbitkan laporan resmi terkait hal-hal apa saja yang nantinya perlu mendapatkan perhatian ketika pembuatan regulasi konten. Hal pertama yang disarankan yakni adanya saluran ramah bagi orang yang melaporkan konten atau gambaran umum mengenai kebijakan atau keputusan penegakan peraturan.

Baca Juga: Samsung Galaxy S20 Series yang Pertama Usung Layar 120Hz, Fungsinya?

Kemudian pengguna juga diharuskan mengikuti prosedur sebagaimana laporan publik berkala mengenai data penegakan peraturan. Serta regulasi tersebut juga menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pihak pemerintah serta individu untuk melakukan penilaian terhadap kinerja perusahaan jejaring sosial secara akurat.

Sedangkan untuk menjamin akuntabilitas platform internet, regulator bisa mempertimbangkan untuk mewajibkan beberapa hal tertentu bagi perusahaan. Misalnya saja seperti penerbitan standar konten, konsultasi dengan pemangku kepentingan dalam pembuatan perubahan dan beberapa hal lainnya.

Namun disamping itu, perusahaan Facebook juga tidak mau mengakui kalau regulator ini berhak menentukan apakah konten itu tergolong berbahaya dan dilarang keberadaannya di internet atau tidak. Karena ia yakin terhadap pembatasan kebebasan berbicara sebagaimana hukum yang telah diberlakukan.

baca juga: OPPO Reno 3 Pro Pastikan Rilis 2 Maret, Iklannya Sudah Bermunculan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.