Akankah WhatsApp Berhasil Ditumbangkan Oleh Penciptanya Sendiri?

0
453
WhatsApp Hack
WhatsApp Hack; Copyright©Uainfo

WhatsApp Masih Terlalu Besar Untuk Ditandingi

OKETEKNO – Pada awal masa akuisisi mungkin Brian Acton sebagai pendiri layanan WhatsApp memang masih diberikan kebebasan dalam mengembangkan layanannya. Akan tetapi makin kesini perusahaan Facebook memiliki niatan yang bertolak belakang dengan apa tujuan awal pendirinya.

Dalam kasus yang parah, perusahaan sosial media asal Amerika Serikat itu telah berniat untuk menayangkan iklan di aplikasi pesan instant terpopuler tersebut. Oleh karena itulah, Brian memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut.

Baca Juga: Kamera Huawei P40 Series Mulai Terungkap

Kini ia telah menjalin kerjasama dengan pesaingnya yang bernama Signal Messenger, dan untuk saat ini platform pesan instant tersebut semakin besar saja. Apakah platform ini nantinya mampu menandingi apa yang sudah dilakukan oleh layanan buatannya sebelumnya?

Signal
Signal; Copyright©Istimewa

Sebagaimana ungkapan dari Alfons Tanujaya selaku pengamat keamanan cyber, ia menegaskan kalau sepertinya susah bagi Signal untuk bertanding atau bahkan mengalahkan WhatsApp yang kini sudah merajalela. Bahkan Telegram atau Line saja yang sudah berusaha semaksimal mungkin sejak lama masih belum bisa indikasi menumbangkan pesaingnya itu.

Disebutkan kalau Signal ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi alias lebih baik, akan tetapi Alfons menerangkan jika mengandalkan itu saja tidak cukup. Karena memang enkripsi sudah menjadi standar saat ini dan W.A sudah memilikinya.

Baca Juga: Tips WhatsApp Agar Tidak Distalking Orang Lain Lagi

“Signal bisa mengambil market tetapi yah niche market, bukan menjadi pemain besar. Messaging existing sudah terlanjur besar dan saat ini mereka juga mencurahkan sumberdaya dan dana yang jelas lebih besar daripada Signal untuk mempertahankan atau memperbesar marketnya,” terang Alfons.

Maksudnya untuk sekarang ini Signal tidak cukup memungkinkan kalau hanya bersaing di bisnis instant messaging saja, dikarenakan itu sudah menjadi kekuasaan WhatsApp. Kecuali kalau pihaknya memiliki target pasar khusus dimana masih belum dimiliki oleh pesaingnya itu, mungkin bisa jadi bakal berhasil menandingi. Akan tetapi sampai saat ini masih belum ditemukan celah kecil yang menjadi titik lemah/segmen pasar yang belum dijangkau saudara Messenger tersebut.

baca juga: Giliran Render Samsung Galaxy M31 yang Terungkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.