Rilis Lebih Cepat, Berikut Sederet Fitur Baru Android 11

0
369
Android 11
Android; Copyright©androidpolice

Fitur Baru di Android 11 yang Lebih Kekinian

OKETEKNO – Di tahun ini sepertinya Google tidak ingin berlama-lama lagi dalam meluncurkan sistem operasi terbarunya. Dikarenakan berdasarkan kebiasaan, OS terbaru ini baru diluncurkan versi preview-nya pada bulan Maret, akan tetapi kini untuk Android 11 beda daripada yang sebelumnya.

Sesuai dengan namanya, dimana untuk sistem operasi terbaru ini sementara waktu hanya khusus untuk para developer saja, dimana mereka bisa mencoba aplikasi buatannya di OS terbaru tersebut. Sehingga ketika OS ini sudah diaplikasikan ke banyak smartphone, maka aplikasi sudah bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Nikmati Layanan Cobain Samsung Galaxy S20 Series di Rumah

Bagi kalian yang mungkin sekedar ingin mencoba-coba, tidak disarankan untuk memasang sistem operasi tahap awal ini pada perangkat hariannya. Hal itu dikarenakan ada banyak sekali bug yang terjadi pada OS tersebut, lantaran ini masih dalam tahap dasar dalam pengembangannya.

Android 11 G
Android 11; Copyright©Google

Ada banyak sekali pembaruan fitur yang terjadi di sistem operasi Android 11 kali ini, penasaran apa saja yang ditawarkan? Berikut daftarnya:

  • Bubbles

Melalui fitur ini nantinya pengguna akan mendapatkan tampilan baru untuk aplikasi messaging, dimana mereka bisa dengan mudah membuka percakapan dan mengaksesnya. Untuk tampilannya sendiri hampir sama seperti bubbles chat milik Facebook Messenger, namun kini bisa dinikmati oleh aplikasi lain seperti WhatsApp, Signal, dan lainnya.

  • Conversations

Ini merupakan percakapan yang muncul pada area notifikasi dan pada OS terbaru ini nanti akan dipecah sesuai dengan aplikasinya, misal seperti email, Instagram dan pembaruan aplikasi. Itu bertujuan untuk membuat pengguna dapat menggunakannya sebagai layanan komunikasi.

  • App Permission

Fitur ini nantinya akan memberikan izin sementara terhadap aplikasi untuk mengakses beberapa fitur pada ponsel, misal seperti kamera, mikrofon, kontak, file, lokasi, dan lain sebagainya. Bisa jadi fitur ini terinspirasi dari iOS yang sudah menerapkannya lebih awal.

  • Screen Recording

Sebenarnya fitur ini sudah sempat ada di Android 10 beta, namun malah hilang di versi final. Akan tetapi besar kemungkinan akan hadir lagi di Android 11 di versi finalnya, karena kini juga sudah tersedia di beta developer preview.

Kemudian untuk beberapa pembaruan lain yang ditawarkan oleh Android 11 ini diantaranya yakni seperti dukungan layar waterfall, punch hole, hingga koneksi jaringan 5G yang digadang lebih baik dibanding sebelumnya.

baca juga: Realme X50 Pro Dikonfirmasi Punya Kamera Super Zoom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.