Perbedaan Kamera 108MP Samsung Galaxy S20 Ultra dan Mi Note 10 Pro

0
347
Galaxy S20 Ultra
Galaxy S20 Ultra; Copyright©Pickr

Samsung Galaxy S20 Ultra Jelas Lebih Mumpuni

OKETEKNO – Pada awalnya Xiaomi Mi Note 10 Pro membuat kalangan heboh, lantaran perangkat tersebut hadir dengan perbekalan kamera utama beresolusi 108MP. Akan tetapi tidak lama setelahnya di Indonesia ada juga Samsung Galaxy S20 Ultra dengan resolusi kamera utama yang sama.

Meski demikian, ternyata untuk teknologi kamera yang digunakan oleh kedua ponsel premium ini tidak sama loh. Memang sih Xiaomi ataupun Samsung sama-sama menggunakan sensor ISOCELL Bright HM1 dengan resolusi 108MP.

Baca Juga: Sudah Ada Xiaomi Mi Note 10 Pro, Kenapa Mi Note 10 Tetap Rilis di Indonesia?

Namun pengamat gadget bernama Lucky Sebastian menjelaskan kalau ternyata Galaxy S20 Ultra ini menggunakan pixel binning yang berbeda jika dibandingkan dengan Mi Note 10 Pro. Dimana vendor asal China itu telah menggunakan teknologi pixel binning tetracell, dimana ini menggabungkan 4 pixel menjadi satu (2×2), sehingga ukuran 0,8 mikron bisa menjadi 1,6 mikron.

Perbandingan
Perbandingan; Copyright©detikINET

Berbeda dengan yang digunakan oleh Samsung Galaxy S20 Ultra, dimana menerapkan sistem nonacell yang menggabungkan 9 pixel menjadi satu (3×3), sehingga untuk ukuran pixel yang didapatkan bisa mencapai 2,4 mikron, dan HP Samsung premium terbaru ini menjadi yang pertama menggunakannya dalam kelas smartphone.

Dengan adanya ukuran pixel yang lebih besar ini jelas saja untuk tingkat cahaya yang bisa ditangkap oleh sensor tersebut lebih besar, sehingga saat pengguna melakukan pengambilan gambar dalam kondisi low light, maka hasilnya akan lebih terang.

Baca Juga: Nikmati Layanan Cobain Samsung Galaxy S20 Series di Rumah

Sebab Xiaomi Mi Note 10 Pro menggunakan teknologi tetracell, maka hasil fotonya setara dengan 27MP (108MP dibagi 4 pixel). Sedangkan untuk nonacell yang ada di Galaxy S20 Ultra menghasilkan foto dalam resolusi 12MP (108MP dibagi 9 pixel).

“Ketika jadi 12 MP bisa multi, sekali tekan bisa mengambil beberapa foto kemudian digabungkan. Nantinya setiap pixelnya lebih bagus, lebih tidak noise dan lebih terang. Karena HDR-nya bisa main dari bawah sampai atas,” terang dari Lucky Sebastian selaku pengamat gadget.

Bukan cuman itu saja, Samsung Galaxy S20 Ultra menggunakan chipset yang lebih mumpuni ketimbang Xiaomi Mi Note 10 Pro sehingga menjadikan pengambilan gambar bisa dilakukan lebih cepat, lantaran processor tersebut sanggup bereskan pixel sebesar itu.

baca juga: Xiaomi Mi Note 10 Rilis di Indonesia, Serius Hanya Segini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.