Bongkar Smartphone Sendiri Bisa Berbahaya, Ini Alasannya!

0
371
Teardown Smartphone
Teardown Smartphone; Copyright©Pinterest

Bongkar Smartphone Sendiri Bisa Sebabkan Kebakaran

OKETEKNO – Rasa penasaran manusia memang sangatlah tinggi, dan hal itu tidak terkecuali untuk perangkat smartphone dimana ponsel canggih ini tatkala memiliki rasa penasaran yang tinggi untuk mengetahui bagaimana sih keadaan di dalamnya?

Bukan cuman itu saja, ketika sudah berhasil membongkar mungkin beberapa permasalahan dianggap bisa diselesaikan sendiri tanpa bantuan sang ahli, dengan demikian untuk biaya perbaikan bisa terpangkas alias bisa lebih terjangkau ketimbang sebelumnya.

Baca Juga: Perbedaan Kamera 108MP Samsung Galaxy S20 Ultra dan Mi Note 10 Pro

Namun ternyata ini malah salah besar dan tidak direkomendasikan sama sekali, disebutkan kalau hal semacam ini malah bisa alias berpotensi menyebabkan kerusakan lebih parah lagi, dan bisa-bisa perangkat malah terbakar dan membahayakan penggunanya.

Mi Note 10 Pro teardown
Mi Note 10 Pro teardown; Copyright©teknoKOMPAS

Informasi ini telah disampaikan oleh Technical Support Xiaomi After Sales yang bernama Woro Prastio, dalam keterangannya ia mengungkap kalau perangkat sekarang ini tidak seperti zaman dahulu, karena baterainya sudah tertanam, tidak lagi bisa dibuka dengan mudah dan secara sembarangan.

“Kalau user kami nggak sarankan untuk bongkar sih karena terutama sekarang ini kan baterainya internal, kalau dulu kan bisa dibuka. Untuk menghindari kesalahan bongkar kita tidak saranin,” seperti itulah keterangan yang disampaikan olehnya pada saat teardown Xiaomi Mi Note 10 Pro di Indonesia kemarin.

Baca Juga: Uji Ketahanan, Samsung Galaxy Z Flip Auto Remuk?

Dalam keterangan lanjutannya, ia telah memberikan contoh terhadap kasus dimana ada seorang pengguna yang berlatar belakang teknisi elektronik, akan tetapi upayanya gagal dalam membongkar total sehingga menyebabkan perangkatnya habis terbakar.

“Biasanya ada tulisannya kalau handphone baru, jangan dibongkar kalau memang nggak pernah ada pendidikan. Lithium itu kan dia lunak ya jadi ketika dia salah congkel, kadang kan orang nggak tahu cara congkelnya nih, dilem soalnya kan, jadi coba nyongkel. Mereka mungkin sudah lihat di YouTube tapi mereka ‘ini gimana nih?’, kadang orang kan suka eksperimen, kan,” terang Woro.

Namun ada beberapa masalah simpel yang dibagikan tips olehnya, yakni seperti membersihkan headset connector menggunakan cotton bud, dan menggunakan sikat gigi halus untuk membersihkan lubang speaker pada smartphone.

baca juga: Melihat Jeroan 5 Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.