Google Sarankan Tidak Memasang Aplikasi YouTube dan Lainnya, Kenapa?

0
5640
YouTube Glowing
YouTube Glowing; Copyright©Breaking News

Pihak Google Melarang Pemasangan Aplikasi Buatannya

OKETEKNO – Seperti yang diketahui bahwasanya aplikasi YouTube menjadi salah satu yang berada dibawah naungan Google. Beberapa aplikasi lain seperti Gmail, Gmaps, Chrome, Gtranslate, Gdrive, dan masih banyak lagi lainnya juga terpasang default di HP Android.

Akan tetapi belum lama ini pihak Google telah memberikan saran terhadap para pengguna agar tidak memasang aplikasi seperti itu lagi di perangkatnya. Namun ini bukan semua pengguna HP Android yang mendapatkan larangan, melainkan cuman yang merupakan brand Huawei terutama series terbaru saja.

Baca Juga: Bersiap, Bakal Ada Kejutan Baru dari Vivo

Ini berkaitan dengan permasalahan dagang yang tengah diterapkan oleh pemerintah Amerika Serikat, dimana perusahaan Huawei terkena blacklist oleh AS, sehingga tidak lagi bisa menjalin kerjasama dengan sederet perusahaan asal AS, tidak terkecuali Google.

Huawei Android
Huawei Android; Copyright©PhoneArena

“Google dilarang bekerja sama dengan Huawei untuk perangkat baru ataupun menyediakan aplikasi Google termasuk Gmail, Maps, YouTube, Play Store dan lainnya untuk diinstal dan diunduh di perangkat tersebut,” seperti itulah yang disampaikan oleh Tristan Otrowski selaku Legal Director untuk Android dan juga Google Play melalui laman resmi Android.

Bukan cuman itu saja, melainkan Google juga masih bingung sebenarnya terkait masalah ini serta produk mana saja yang seharusnya dilarang menggunakan Google Play Services. Dan bisa dikatakan kalau ini merupakan pernyataannya paling panjang terkait pemblokiran terhadap Huawei.

Baca Juga: Facebook Berani Bayar Penggunanya Untuk Ini

Dan terkait masalah tersebut, pihak Google memperingatkan para pengguna Huawei Mate 30 atau series lebih baru lagi, termasuk ponsel Honor series tidak men-sideload Gmail, YouTube, Play Store, dan aplikasi Google lain ke dalam perangkatnya.

Hal itu dikarenakan, ketika pengguna memasukkan aplikasi-aplikasi itu ke dalam perangkatnya, pihak perusahaan tidak tanggung apakah aplikasi itu benar-benar aman atau mungkin ternyata malware yang tengah menyamar, dimana kasus semacam ini sudah marak terjadi di aplikasi Android yang bahkan bisa masuk ke Play Store.

Aplikasi Google seperti YouTube dan yang lainnya ketika di sideload tidak akan bisa bekerja dengan benar, lantaran pihaknya tidak memberikan izin terhadap layanan tersebut untuk berjalan ke perangkat Huawei.

baca juga: Alasan Realme C3 di Indonesia Hadir dengan Kamera Lebih Banyak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.