Google Ngebet Ingin Kerjasama dengan Huawei Lagi

0
601
Google Ngebet Ingin Kerjasama dengan Huawei Lagi
Google Ngebet Ingin Kerjasama dengan Huawei Lagi; Copyright©dailysocial

Google Ajukan Permohonan Lisensi ke Pemerintah AS

Oketekno – Huawei bisa dikatakan menjadi salah satu vendor yang berani dan percaya diri, dimana pada dasarnya ia tidak lagi didukung oleh layanan Google lantaran daftar black list yang dikenakan padanya oleh pihak pemerintah Amerika Serikat.

Beberapa perangkat yang sudah beredar tanpa layanan Google Mobile Services (GMS) sudah cukup banyak, salah satu paling menarik yakni ponsel flagshipnya yang rilis menjelang akhir tahun 2019 kemarin, Huawei Mate 30 series.

Baca Juga: Realme 6 Dipastikan Rilis Minggu Depan

Diketahui ponsel tersebut rilis tanpa menawarkan aplikasi Google seperti Play Store, YouTube, Gmaps, Gdrive, dan masih banyak lagi lainnya. Meski demikian, perangkat ini tetap menarik seperti biasa karena perbekalan kamera dan desain yang beda daripada HP Android lainnya.

GMS
GMS; Copyright©Vieda-Digital

Berdasarkan keterangan resmi Huawei, telah dikatakan kalau pihaknya masih terbuka sekali untuk menjalin kerjasama dengan Google, hanya saja pihak pemerintah yang masih menghalangi keduanya. Dan kali ini usaha telah dilakukan oleh raksasa internet asal Amerika Serikat tersebut.

Baca Juga: Top 10 Smartphone Terlaris di Dunia, Mengejutkan!

Diketahui Vice President Play Store dan Android bernama Sameer Samat telah mengungkap kalau belum lama ini pihaknya sudah mengajukan permohonan izin terhadap pemerintah AS agar pihaknya bisa diperbolehkan untuk menjalin kerjasama dengan Huawei kembali.

Sedikit pengetahuan bahwasanya pemerintah AS memang ada lisensi untuk perusahaan di Negaranya yang ingin tetap menjalin kerjasama dengan Huawei. Ini sudah pernah diberikan kepada Microsoft, sehingga Laptop Huawei sampai sekarang masih bisa mendapatkan lisensi sistem operasi Microsoft Windows Series.

Akan tetapi terkait permintaan dari Google ini masih belum mendapatkan kabar hingga sekarang, apakah pihaknya akan diberikan lisensi itu juga, sehingga dimungkinkan bisa kerjasama dengan Huawei lagi atau tidak. Hal ini dikarenakan keputusan tersebut sepenuhnya berada di tangan pemerintah Amerika Serikat.

Kalau memang lisensi itu diberikan dalam waktu dekat ini, bisa jadi aplikasi Google akan kembali eksis mulai di Huawei P40 series yang katanya tidak lama lagi akan diluncurkan. Sehingga berbagai macam aplikasinya seperti YouTube, Play Store, Gmaps, dan lainnya bisa lagi tersedia di ponsel premium tersebut.

baca juga: Huawei P40 Lite Rilis Duluan, Berikut Harga dan Jadwal Pesannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.