Keren, Smartphone Ini Bisa Jalankan Dua OS Sekaligus

0
593
Keren, Smartphone Ini Bisa Jalankan Dua OS Sekaligus
Keren, Smartphone Ini Bisa Jalankan Dua OS Sekaligus; Copyright©Android Police

Smartphone Ini Bisa Jalankan Android dan Linux

Oketekno – Seperti yang diketahui bahwasanya sistem operasi smartphone hanya ada 1 model saja yang bisa dijalankan. Berbeda dengan Laptop yang lebih fleksibel dan bisa menjalankan beberapa sistem operasi sekaligus, karena memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar.

Akan tetapi belum lama ini ada loh perangkat mobile yang diklaim mampu menjalankan dua sistem operasi sekaligus. Untuk OS (Operating System) pertama yang bisa dipasang yakni Android, dan sistem operasi lain yang dapat dipasang ke perangkat yakni Linux.

Baca Juga: Top 10 Smartphone Terlaris di Dunia, Mengejutkan!

Tidak satu per satu, Android atau Linux. Melainkan keduanya bisa dijalankan secara langsung ke dalam perangkat, hanya saja untuk mengaktifkannya harus secara bergantian, tergantung kebutuhan dan kegunaan oleh pengguna.

Smartphone dual OS
Smartphone dual OS; Copyright©detikINET

Smartphone ini telah dibuat oleh Planet Computers dan diberikan nama Cosmo Communicator, akan tetapi untuk memasang kedua sistem operasi ini pengguna harus bisa mengerti seperti apakah cara melakukan partisi penyimpanan, dan cara melakukan konfigurasi booting pada perangkatnya.

Baca Juga: Realme 6 Dipastikan Rilis Minggu Depan

Kalau pengguna sudah bisa menguasai partisi dan juga teknik booting setiap sistem operasi ini, nantinya pengguna juga dapat menambahkan sebuah sistem operasi lagi ke dalam smartphone tersebut, yakni Debian. Sehingga ada 3 OS dalam sebuah perangkat sekaligus yang memungkinkan pengguna dapat lebih fleksibel lagi dalam mengoperasikannya.

Perlu diketahui bahwasanya Cosmo Communicator ini sebenarnya sudah rilis sejak bulan November 2019 kemarin. Hanya saja di awal perilisannya, cuman bisa menjalankan sistem operasi Android, namun kini ditambah lagi dengan OS Linux dan menawarkan opsi memperbanyak dengan Debian juga.

Smartphone dengan sistem operasi ganda ini telah menerapkan konsep desain yang terinspirasi dari PDA Psion Series 5, dimana perangkat ini tenar di tahun 90-an. Menawarkan layar sentuh yang tetap dilengkapi dengan keyboard fisik dalam ukuran tombol besar. Dan kabarnya, perangkat ini akan terus mengalami perkembangan.

baca juga: Realme Masih Persiapkan Smartphone 5G Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.