Facebook Terhalang WhatsApp Saat Lawan Corona?

0
356
Facebook Terhalang WhatsApp Saat Lawan Corona
Copyright ©Viva

WhatsApp Jadi Penghalang Facebook

Oketekno.com – Berbagai macam lembaga telah berusaha keras untuk melawan penyebaran virus corona, dikarenakan ketika tidak menangkal dengan cepat akan banyak korban berjatuhan di seluruh Dunia. Tidak cuman pemerintah, melainkan perusahaan teknologi seperti Facebook juga ikut melawan hal demikian.

Dan seperti biasa dimana ditengah kegentingan seperti itu menjadikan penyebar hoax semakin merajalela, dan WhatsApp menjadi salah satu platform paling berpengaruh dalam penyebaran informasi tidak benar seperti itu.

Baca Juga: Tampang Smartphone Gaming Baru Lenovo Keren Parah

Aplikasi chatting terpopuler berikut sering digunakan dalam mencampur fakta yang dilapisi dengan klaim akurat dan juga menyesatkan, sehingga menjadikan beberapa pimpinan Negara telah menghimbau terhadap masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi tanpa verifikasi.

Fake News WhatsApp
Copyright ©Kompasiana

“Saya mendesak semua orang setop berbagi informasi yang belum diverifikasi grup WhatsApp. Pesan-pesan itu menakut-nakuti dan membingungkan orang-orang, menyebabkan kerusakan nyata. Dapatkan informasi dari sumber resmi dan terpercaya,” begitulah kata Perdana Menteri Irlandia, Leo Varadkar melalui akun Twitter resminya.

Dan tentu saja Facebook sebagai induk perusahaan akan kesulitan menghadapi hal-hal semacam ini, terlebih layanannya juga memiliki sistem enkripsi end-to-end yang menjadikan pihak ketiga termasuk developer tidak dapat mengetahui apa yang dibicarakan oleh si pengirim dan penerima pesan.

Baca Juga: Rilis dengan Baterai Jumbo, Segini Harga Samsung Galaxy M21

Berkaitan dengan hal demikian, pihak developer telah mengungkap kalau sudah mengambil langkah-langkah dalam meredam penyebaran disinformasi seperti ini melalui fact checking group. Pengguna bisa meneruskan pesan terhadap ke spesial akun yang bisa dilakukan verifikasi.

“Ada lebih dari selusin [fact checking lokal] sejauh ini, dan kami ingin lebih banyak yang dapat melakukan pekerjaan penting mereka sehingga rumor teridentifikasi dan dilawan,” seperti itulah yang disampaikan oleh Head of WhatsApp, Will Cathcart.

Di Indonesia sendiri sudah ada layanan khusus dibuat oleh Kominfo atas kerjasamanya dengan Facebook untuk membuat layanan chatbot guna menyediakan informasi kredibel mengenai virus Corona. Lebih jelas bisa langsung lihat pada link berikut.

baca juga: Spek Samsung Galaxy M01 Sedikit Terungkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.