Tips Agar Tidak Termakan Hoax WhatsApp yang Lagi Marak Terjadi

0
422
Tips Agar Tidak Termakan Hoax WhatsApp yang Lagi Marak Terjadi
Copyright ©Telko

Tips Hentikan Penyebaran Info Hoax di WhatsApp

Oketekno – Untuk sekarang ini platform WhatsApp menjadi layanan yang paling diandalkan oleh banyak kalangan dalam berkomunikasi. Terlebih ketika lagi ditengah kejadian semacam ini, dimana aplikasi chatting seperti itu menjadi yang paling diandalkan dalam menjalin komunikasi bersama rekan kerja, sekolah, kuliah dan lainnya.

Di tengah lagi merebaknya kasus virus corona, jelas saja banyak mis informasi yang akan terus beredar di platform tersebut. Mengantisipasi info hoax, Kominfo telah meluncurkan chatbot untuk masyarakat di Indonesia yang bisa diakses lewat link ini. Dan agar terhindar dari informasi hoax, bisa simak pembahasan lengkap berikut.

Baca Juga: Rilis dengan Baterai Jumbo, Segini Harga Samsung Galaxy M21

  1. Kenali Berita

Tidak semua informasi yang disebar luas di WhatsApp benar, ketahui terlebih dahulu gaya bahasanya, selain itu waspada terhadap foto, video, dan rekaman suara yang mana itu juga bisa diedit. Selain itu untuk link jangan mudah percaya dan sembarang klik, terlebih kalau hanya shortlink.

  1. Pertimbangkan Sebelum Share

Jangan asal share begitu saja, kalian harus bijak dalam menganalisa dan membaca pesan terlebih dahulu. Dikarenakan kalau share mentahan gitu saja, dengan harapan bisa mendapatkan apa yang diinginkan (padahal jelas-jelas phising), tentu akan penyebaran ini lebih luas dan tak terkendali.

Dan begitu kalian sebagai penerima juga harus waspada, terlebih jika ada tanda terusan, maka jangan sembarangan untuk share ulang.

Baca Juga: Blokir HP Black Market di Indonesia Ketunda Gara-Gara Corona?

  1. Bantu Hentikan Penyebaran

Dengan berperilaku bijak dalam share informasi ini menjadikan penyebaran informasi hoax jelas akan tertekan dengan baik. Jangan sungkan untuk menyangkal dan membantah ketika anda mengetahui bahwa informasi yang dibagikan oleh teman atau kerabat sekalipun jika berita itu salah, dan kalian memiliki bukti yang lebih valid semisal dari lembaga kesehatan resmi misalnya.

  1. Verifikasi dengan Sumber Lain

Untuk lebih tepatnya kalian bisa lakukan verifikasi secara online melalui sumber terpercaya seperti WHO, Kementerian Kesehatan atau mungkin situs berita terpercaya lainnya untuk mengetahui darimanakah pesan ini berasal.

Itulah berbagai macam tips mudah yang bisa dilakukan untuk menekan penyebaran informasi hoax lebih baik lagi di platform WhatsApp yang beberapa pekan terakhir ini semakin marak terjadi.

baca juga: Spek Samsung Galaxy M01 Sedikit Terungkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.