Chatbot WHO X WhatsApp Sajikan Informasi Aktual Skala Internasional

0
288
Chatbot WHO X WhatsApp Sajikan Informasi Aktual Skala Internasional
Copyright ©HarianHaluan

Kerjasama WhatsApp dengan WHO Untuk Global

Oketekno.com – Bukan cuman di Indonesia saja, dimana pihak Kominfo telah menjalin kerjasama dengan WhatsApp untuk menawarkan Chatbot memuat soal berita aktual terkait virus corona. Akan tetapi WHO juga telah menjalin kerjasama dengan platform serupa dalam menawarkan informasi skala internasional.

Dan jelas saja kerjasama ini akan menguntungkan pihak platform chatting terpopuler tersebut karena bisa menawarkan informasi aktual dengan mudah terhadap penggunanya. Untuk chatbot ini bisa langsung diakses melalui http://bit.ly/who-covid-19-whatsapp.

Baca Juga: Rilis di Indonesia, Segini Harga Smartphone Bertenaga Samsung Galaxy M31

Ketika tautan tersebut disalin ke aplikasi browser yang ada di Smartphone ataupun laptop kalian, akan langsung diarahkan ke laman percakapan menggunakan akun yang sudah terhubung di perangkat, entah itu via aplikasi ataupun WhatsApp Web.

Chatbot WHO X WhatsApp
Copyright ©Liputan6

Untuk jenis informasi yang termuat dan bisa disajikan dalam chatbot WHO X WhatsApp ini cukup beragam, ada 8 poin yang bisa disampaikan terhadap pengguna. Sebagaimana dilansir dari Liputan6, berikut daftarnya:

  1. Angka teraktual mengenai kasus Covid-19 di dunia.
  2. Informasi mengenai cara melindungi diri dari Covid-19.
  3. Pertanyaan yang paling banyak diajukan mengenai Covid-19.
  4. Mitos-mitos seputar Covid-19.
  5. Saran bepergian.
  6. Berita dan pers.
  7. Membagikan/menginformasikan chatbot ini kepada keluarga, teman, dan masyarakat.
  8. Donasi

Pengguna nantinya bisa memasukkan kata perintah dengan mengetik angka 1 sampai 8 atau mungkin juga bisa menggunakan emoji yang sudah ditentukan oleh platform dalam menawarkan informasi soal virus Corona.

Baca Juga: Harus Tau! Vendor HP Android Ini Lakukan Perubahan Logo

Dan ketika dicoba memang sangat responsif, dimana pengguna bisa mendapatkan informasi yang tepat dalam kurun waktu kurang dari 1 detik. Sama seperti chatbot pada umumnya, dimana menawarkan jawaban yang tepat, sesuai dengan apa yang telah diminta pengguna.

Perlu diketahui bahwa data chatbot pada aplikasi WhatsApp hasil kerjasama dengan WHO ini diambil berdasarkan data-data yang kredibel. Dan guna memperjelasnya, ada tautan juga yang disematkan dalam jawaban tersebut menuju artikel yang relevan.

baca juga: HMD Rilis Duo Nokia Android Sekaligus dengan Desain yang Berbeda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.