Tips Mengatasi Lag di Windows 10 Saat Main Game

0
916
Tips Mengatasi Lag di Windows 10 Saat Main Game
Copyright ©ABC

Tips Bermain Game Tanpa Lag di Windows 10

OKETEKNO – Aktifitas bermain game memang menjadi salah satu yang paling seru dan menyenangkan untuk dilakukan saat waktu luang. Terlebih di perangkat Komputer yang pastinya tidak memaksa pemain keluar rumah dalam memainkannya.

Namun untuk sistem operasi Windows 10 sekarang ini sering kali dikeluhkan saat digunakan untuk bermain game karena sering kali mengalami lag. Digunakan untuk kegiatan biasa saja terkadang terjadi lag luar biasa, apalagi untuk main game. Untuk mengatasinya, ikuti tips rekomendasi berikut:

  1. Pastikan Internet Lancar

Internet menjadi nyawa bagi pemain game online, sehingga kalian harus pastikan latensi (signal delay) stabil, kalian bisa cek di speedtest.net atau dslreports.com. Kebanyakan game akan membutuhkan 10Mbps saja, akan tetapi kalau untuk streaming video juga 50Mbps paling minim.

Untuk kabel Fiber Optik sekarang ini biasanya membutuhkan ping 5 – 50ms saja, dimana ini sudah bagus dalam bermain game. Dan beberapa langkah yang bisa dicoba seperti mengatur routernya apa ada limit, mendekatkan WiFi Router ke PC, atau mungkin menambah speed dari Internet Provider.

Baca Juga: Cara Menggunakan Atlas, Tanker Alien yang Ganas dan Keras Banget di Mobile Legends

  1. Optimasi Pengaturan Video Game

Mematikan grafis detail akan membantu membuat game lebih lancar di Windows 10, namun jangan kurangi kualitas utama seperti kejelasan jarak pandang. Aktifkan juga indikator FPS jika ada, dan stabilkan pada kecepatan 30 – 60 fps untuk mendapatkan kualitas yang lancar. Akan tetapi untuk game online paling minim 60 fps agar lebih nyaman.

  1. Pengaturan Daya

Ini berpengaruh di perangkat Laptop, dimana ketika kalian menggunakan Laptop. Dianjurkan sambil di charge dan posisikan di best performance untuk mendapatkan kualitas daya paling maksimal. Karena kalau dengan tekanan baterai dan di mid level performance saja nggak bisa mengeluarkan performa tertinggi dari laptop.

Baca Juga: Night Agent: I’m the Savior, Mobile Game Online Petualangan 3D untuk Android Dan IOS Terbaik

  1. Matikan Aplikasi Tidak Penting

Saat bermain game, kalian harus hentikan aplikasi lain yang nggak penting, karena itu akan memakan resource perangkat kalian, sehingga kemampuannya akan terbagi-bagi. Kalau spek tinggi sih tidak begitu masalah, tapi kalau pas-pasan akan pengaruh banget.

  1. Jangan Update

Untuk pembaruan ini bisa kalian lihat di bagian setting, dan jangan sampai melakukan update kalau saat main game. Karena kalau saat update jelas akan termakan banyak resource dari Laptop atau Komputer kalian, pause terlebih dahulu sebelum membuka game yang dimaksud.

  1. Gunakan Pendingin

Dikarenakan untuk kebutuhan tinggi, jelas Laptop akan membutuhkan teknologi pendingin tambahan seperti fan, guna membantu pengeluaran panas dari dalam perangkat. Karena kalau sampai panas, jelas sistem otomatis akan menurunkan performa agar tidak overheat, dan kalian juga tidak akan nyaman dalam bermain.

Itulah keenam tips yang bisa kalian untuk mendapatkan kualitas permainan lancar dengan perangkat yang dijalankan oleh Windows 10. Selamat menerapkan.

baca juga: Rilis di Indonesia, Segini Harga Smartphone Bertenaga Samsung Galaxy M31

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.