Fungsi Chatbot Corona dari Kominfo X WhatsApp yang Sebenarnya

0
312
Fungsi Chatbot Corona dari Kominfo X WhatsApp yang Sebenarnya
Copyright ©Gizmologi

Chatbot Corona Kominfo X WhatsApp Bukan Untuk Klarifikasi

Oketekno.com – Dikarenakan ini berasal dari hasil kerjasama Kominfo bersama pihak penyedia layanan, WhatsApp. Banyak kalangan menduga kalau chatbot tersebut bisa digunakan untuk mengklarifikasi pesan-pesan yang beredar luas di masyarakat lokal terkait virus Corona.

Namun kenyataannya bukan demikian, dimana chatbot Corona yang telah disediakan oleh lembaga pemerintah bersama anak perusahaan Facebook ini cuman sekedar memberikan informasi kredibel dan akurat terkait penyebaran virus tersebut, tips pencegahan, penanganan awal, dan masih banyak lagi lainnya.

Informasi ini telah disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo bernama Ahmad M. Ramli, dikutip dari laman detikINET yang mendapatkan pesan singkat darinya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Atlas, Tanker Alien yang Ganas dan Keras Banget di Mobile Legends

“Bukan (untuk klarifikasi hoax yang beredar-red),” seperti itulah keterangan yang disampaikan oleh Ramli kepada media lokal tersebut.

Chatbot Kominfo X WhatsApp
Copyright ©detikINET

Pemerintah juga memiliki alasan kenapa pihaknya sementara waktu ini cuman menggandeng pihak WhatsApp saja, kenapa tidak layanan lain seperti LINE ataupun Telegram yang juga populer di Indonesia. Ramli menegaskan kalau aplikasi chatting ini dipilih karena memang jumlah penggunanya paling banyak dibanding platform lain.

Baca Juga: Pesan Samsung Galaxy M31 Disini Sekarang dan Dapatkan Sederet Bonus Menariknya

“Karena penggunanya hampir 140 juta. Jadi, kita prioritaskan itu,” begitulah keterangannya.

Namun di awal kehadirannya cukup disayangkan dimana chatbot ini kurang responsif setelah beberapa saat dirilis ke publik dalam menjawab pertanyaan publik. Ramli telah mengungkap kalau pada saat itu hits alias yang menjalin percakapannya mencapai 2,6 juta pesan yang dikirim dan diterima pada pagi harinya saja.

Dikarenakan tidak ingin mengecewakan masyarakat luas, pada akhirnya Kominfo segera melakukan perbaikan server, dan memang fungsinya kembali normal sebagaimana diharapkan sebelumnya. Untuk informasi yang disajikan dalam chatbot corona kominfo x whatsapp ini telah mengambil data-data dari BNPB dan juga Kementerian Kesehatan.

baca juga: Resmi dari Telkomsel, Begini Cara Aktifkan Kuota Gratis 30GB!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.