Ditekan Amerika Serikat, Xiaomi Salip Pangsa Pasar Huawei

0
264
Ditekan Amerika Serikat, Xiaomi Salip Pangsa Pasar Huawei
Copyright ©CNN

Xiaomi Salip Huawei Pertama Sepanjang Sejarah

OKETEKNO – Selama beberapa bulan terakhir ini Samsung dan Huawei selalu berkompetisi di pangsa pasar teratas Smartphone global. Akan tetapi karena adanya tekanan dari pemerintah Amerika Serikat yang masih berlanjut, menjadikan vendor tersebut merosot dan mengalami penurunan pasar.

Dikarenakan pihaknya telah dilarang menjual produknya di Negeri Paman Sam tersebut, kemudian juga tidak mendapatkan dukungan layanan dari pihak Google, sehingga aplikasi seperti YouTube, Play Store, hingga Gmaps tidak bisa terpasang ataupun dioperasikan oleh pengguna HP Huawei.

Baca Juga: Tanpa Persiapan, Samsung Galaxy A41 Langsung Dirilis

Hingga pada akhirnya data laporan terbaru untuk bulan Februari 2020 kemarin, membuat vendor asal China lainnya yaitu Xiaomi telah menyalip dimana kini naik ke posisi 3. Dan tentu saja ini menjadi yang pertama kalinya terjadi sepanjang sejarah.

Huawei
Copyright ©Getty Images

Dimana Huawei telah disalip oleh Xiaomi dengan jumlah pengapalan total Smartphone ke seluruh Dunia sebanyak 6 juta unit ponsel, sedangkan untuk penguasan pasar China ini cuman mampu mengapalkan sebanyak 5,5 juta unit ponsel saja ke seluruh Dunia.

Berdasarkan data Strategy Analytics, telah disebutkan kalau jumlah ponsel yang dikapalkan keduanya memang telah mengalami kemerosotan jauh jika dibandingkan dengan bulan Januari 2020 silam. Dimana sebenarnya Huawei sendiri telah mengapalkan sebanyak 12,2 juta unit, sedangkan Xiaomi telah berhasil mengirim 10 juta unit.

Baca Juga: Resmi dari Telkomsel, Begini Cara Aktifkan Kuota Gratis 30GB!

Sedangkan ketika dibandingkan dengan periode yang sama tahun kemarin, Februari 2019 telah terjadi kemerosotan sebesar 70%. Sedangkan untuk pangsa pasar Xiaomi cuman mengalami kemerosotan 30% saja dibanding periode sama tahun kemarin.

Dan secara total ada sebanyak 62 juta unit ponsel yang diluncurkan pada bulan Februari 2020, dimana jumlah ini menurun 39% dibanding periode sama tahun sebelumnya. Sedangkan posisi Samsung masih di posisi puncak dengan pengiriman 18,2 juta ponsel, dan Apple di urutan kedua dengan 10 juta unit ponsel.

Pangsa pasar Smartphone global sekarang ini memang tidak membaik lantaran virus Corona yang semakin parah terjadi di seluruh Negara. Dengan demikian tidak terkecuali Xiaomi, Huawei, Samsung, Apple, ataupun yang lain bakal terimbas atas penjualannya.

baca juga: Pesan Samsung Galaxy M31 Disini Sekarang dan Dapatkan Sederet Bonus Menariknya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.