WhatsApp Uji Coba Fitur Pendeteksi Pesan Hoaks

0
205
WhatsApp Uji Coba Fitur Pendeteksi Pesan Hoaks
Copyright ©Oketekno

Fitur Ini Berbeda dari yang Sebelumnya

Oketekno.com – Untuk penyebaran informasi hoaks sampai sekarang ini masih menjadi tantangan tersendiri bagi setiap developer, dikarenakan untuk tingkat perkembangannya yang semakin tidak terkendali, terlebih ketika tengah ada trend topic seperti virus corona semacam ini.

Dan hal tersebut membuat developer WhatsApp tergerak untuk membuat sebuah fitur yang memungkinkan pengguna memeriksa apakah pesan yang diterimanya itu benar-benar kejadiannya atau sekedar hoaks yang bertebaran saja.

Berbeda dari fitur pembatasan atau terusan, melainkan fitur bernama Search the Web ini memungkinkan pengguna bisa dengan cepat menyisir web dalam mengetahui pesan yang didapatkannya.

Akan tetapi sekarang ini fitur tersebut masih dalam tahap pengujian pada versi beta, namun beberapa informasi menyebutkan kalau anak perusahaan Facebook tersebut akan meluncurkannya dalam waktu dekat, setelah dilakukan beberapa kali uji coba lagi.

Fake News WhatsApp
Copyright ©Kompasiana

“Kami sedang mengerjakan fitur baru untuk membantu pengguna menemukan informasi lebih lanjut tentang pesan yang mereka terima yang telah diteruskan berkali-kali. Fitur ini sedang dalam pengujian, dan kami berharap untuk meluncurkannya dalam waktu dekat,” seperti itulah keterangan WhatsApp dilansir dari web TechCrunch.

Baca Juga: Tanpa Persiapan, Samsung Galaxy A41 Langsung Dirilis

Perlu diketahui bahwa sebelumnya aplikasi chatting ini telah mendapatkan kritikan karena tidak bisa membendung penyebaran hoax alias misinformasi terkait penyebaran wabah COVID-19 di layanannya. Sehingga banyak sekali pengguna termakan omongan tidak benar tersebut dan menimbulkan kekhawatiran berlebih.

Dan pihak perusahaan sendiri sadar kalau berbagai macam upaya telah dilakukan, namun untuk menghentikan penyebaran hoax virus corona ini sangatlah sulit. Dikarenakan aplikasi yang berhasil diakuisisi Facebook ini telah menerapkan fitur end-to-end, sehingga tidak bisa dilihat isi percakapan pengguna.

Terlebih lagi untuk pihak WhatsApp juga tidak dapat memantau aliran pesan di platformnya sehingga akan lebih sulit lagi dalam menangkap serta melakukan pemblokiran terhadap akun penyebar hoax di aplikasi chatting tersebut.

baca juga: Fans Buat Petisi Soal Exynos, Begini Tanggapan Samsung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.