Daftar Negara yang Manfaatkan GPS HP Pengguna Pantau Corona, Indonesia?

0
353
Daftar Negara yang Manfaatkan GPS HP Pengguna Pantau Corona, Indonesia
Copyright ©detikINET

Negara yang Manfaatkan Data Lokasi HP Pengguna Untuk Corona

OKETEKNO – Untuk Negara yang terdampak terhadap virus Corona ini tidaklah sedikit, dimana ada ratusan yang sudah menetapkan sebagai tingkat kewaspadaan tinggi. Ada berbagai macam langkah yang telah dilakukan pemerintah dalam memantau warganya terkait penyebaran COVID-19 ini, termasuk dalam memantau GPS HP pengguna.

Beberapa Negara diketahui telah menggunakan data informasi lokasi berdasarkan GPS yang terpasang di setiap ponsel dari warganya yang terjangkit untuk mengetahui tingkat penyebarannya sudah seberapa parah. Meski terbilang efisien, akan tetapi metode seperti ini mendapatkan respon positif dan negatif juga, karena berkaitan dengan privasi pengguna.

Baca Juga: Punya Memori 128GB, HP Android Ini Dijual Sejutaan di Indonesia

Untuk cakupan pengawasan dan pelacakan yang dilakukan ini berbeda di setiap negara, tergantung dari peraturan perlindungan data dan juga privasi dari setiap Negara yang memberlakukannya.

Misal seperti di Uni Eropa yang sudah jelas ada aturan GDPR dimana membatasi penggunaan data pribadi pengguna demi melindungi privasi setiap penggunanya.

VIrus Corona
Copyright ©Kompas Money

Melansir dari The Verge, operator telekomunikasi di Uni Eropa sekarang ini berbagi data dengan otoritas kesehatan Italia, Jerman, dan Austria untuk melakukan pengawasan apakah publik telah menuruti intruksi social distancing ini atau tidak.

Dan pengawasan yang dilakukan mendapatkan hasil, dimana pada kawasan Lombardy, Italia yang di lockdown terjadi penurunan pergerakan publik 60% di bulan kemarin. Berbeda lagi dengan Israel yang menggunakan data lokasi dari GPS HP untuk melacak penyebaran virus Corona ini sejak 16 Maret 2020 kemarin.

Baca Juga: Penampakan dan Spesifikasi Samsung Galaxy M41 Mulai Terungkap

Benjamin Netanyahu selaku Perdana Menteri telah memerintahkan pemerintah federal guna melacak pasien yang positif terhadap virus Corona dan menentukan siapa saja mereka yang perlu dilakukan karantina.

Beberapa Negara lain juga memiliki caranya tersendiri seperti Iran yang memanfaatkan aplikasi AC 19 untuk melacak penyebaran COVID-19. China juga demikian, dimana memiliki sistem pelacakan lebih ketat dimana bisa kirimkan informasi terhadap penegak hukum.

Kemudian Taiwan juga memiliki sistem pagar elektronik yang bisa memberitahu pihak berwajib kalau seseorang tengah dikarantina diketahui bepergian dari rumahnya terlalu jauh.

Dan Korea Selatan menjadi paling ekstrem, dimana telah membuat peta yang memuat data lokasi dari Smartphone dimana bisa diketahui publik untuk mengetahui apakah dirinya telah melakukan kontak dengan orang positif Corona atau belum.

Baca Juga: Mengetahui Kecanggihan Layar Super AMOLED Touch ID Vivo V19

Disamping itu, pihak kesehatan Korea Selatan juga kirimkan SMS yang isinya cukup beragam, mulai dari pengingat rajin cuci tangan hingga informasi soal orang yang sudah positif corona dan lokasinya. Informasi cukup lengkap tentang korban dibeberkan secara terang-terangan oleh Otoritas kesehatan setempat.

Sedangkan Indonesia sendiri tidak menerapkan langkah pemantauan GPS HP seperti ini, melainkan cuman menyediakan fasilitas informasi tentang perkembangan COVID-19 melalui chatbot WhatsApp X Kominfo.

Kemudian ada pula beberapa situs khusus yang bisa diakses secara umum seperti YouTube dan Google yang menawarkan situs atau menu khusus Corona.

baca juga: Redmi K30 Pro Resmi Dirilis, Berikut Spek dan Harganya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.