Facebook Alami Kelonjakan Trafik Tapi ‘Ampas’

0
232
Facebook Alami Kelonjakan Trafik Tapi ‘Ampas’
Copyright ©Benchmark

Facebook Tak Dapatkan Peningkatan Penghasilan Juga

OKETEKNO – Dikarenakan banyak kalangan yang telah disarankan untuk kerja dan belajar dari rumah, jelas saja ini membuat platform sosial media dan juga streaming serta beberapa layanan online lainnya mengalami peningkatan traffict yang luar biasa. Tidak terkecuali Facebook yang otomatis telah mendapatkan keuntungan dari hal berikut.

Karena pandemi virus Corona menjadikan platform tersebut harus lebih intens dalam mengurus layanannya, meski sebenarnya sebagian besar pegawainya juga telah dipersilahkan untuk kerja dari rumah. Dan memang kalau dari segi trafik memang meroket parah.

Baca Juga: Punya Memori 128GB, HP Android Ini Dijual Sejutaan di Indonesia

Akan tetapi ternyata kebanyakan ampas, yang berarti peningkatan ini tidak berarti bagi perusahaan lantaran tidak menghasilkan sama sekali bagi pihaknya. Dan ini wajar saja, karena memang Facebook turut mendukung dalam memerangi virus Corona yang tengah tersebar di seluruh Dunia.

Facebook S
Copyright ©detikINET

Disisi lain, yang mengalami peningkatan luar biasa yakni pada pengiriman pesan dan video call, dimana layanan tersebut tidak dimonetasi oleh Facebook, sehingga tidak dapat menghasilkan pemasukan. Hal inilah yang membuat perusahaan sosial media ini ketir-ketir soal bisnisnya.

Sebab pihaknya harus tetap menjaga infrastrukturnya berjalan dengan baik selama jumlah penggunaan mengalami peningkatan, akan tetapi pihaknya tidak mendapatkan apa-apa. Dan pernyataan ini telah disampaikan langsung oleh Chief Analytics Alex Szhultz dan Chief Engineering Jay Parikh dalam postingan blog resmi perusahaan.

Baca Juga: Mengetahui Kecanggihan Layar Super AMOLED Touch ID Vivo V19

Mereka telah menyampaikan kalau jejaring pengiriman pesan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp merupakan area yang terdampak paling besar. Seperti di Italia misalnya, dimana trafik data di layanan ini telah mengalami peningkatan lebih dari 50%. Sedangkan di WhatsApp dan Messenger, aktifitas video call mengalami peningkatan lebih dari 2x lipat.

“Pertumbuhan penggunaan pada masa COVID-19 ini tak bisa diprediksi dari seluruh industri, dan kami mengalami rekor baru dalam hal penggunaan hampir setiap hari. Menjaga kestabilan selama peningkatan ini menjadi tantangan besar meningkat hampir semua pegawai kami bekerja dari rumah,” begitulah tulisnya.

Facebook sendiri dari segi pendapatan juga telah terpengaruh dari iklan digital, terutama di negara yang telah dilakukan lockdown untuk penyebaran virus corona. Meski tayangan iklan meningkat membahas soal Corona, itu digratiskan oleh perusahaan.

baca juga: Sederet Spek Samsung Galaxy M51 yang Bertebaran di Jagat Maya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.