Makin Banyak yang Pakai Chatbot WhatsApp Untuk Redam COVID-19

0
236
Makin Banyak yang Pakai Chatbot WhatsApp Untuk Redam COVID-19
Copyright ©Efforts Solutions IT

Chatbot WhatsApp Kian Populer

OKETEKNO – Tentu saja dengan adanya permasalahan yang tengah hype sekarang ini menjadikan beberapa kalangan orang tidak jelas dengan seenaknya saja menyebarkan berita yang tak benar. Sehingga ini bisa membuat masyarakat luas lebih khawatir, terjadi kesimpang siuran berita dan yang lain.

Oleh karenanya lembaga resmi pemerintahan bersama penyedia layanan umum telah memutuskan untuk menyediakan layanan resmi guna meredam informasi tidak benar seperti itu. Seperti yang sudah dilakukan oleh Kominfo atas kerjasamanya dengan WhatsApp untuk menyediakan chatbot dalam memantau informasi COVID-19 lebih akurat.

Baca Juga: Sederet Spek Samsung Galaxy M51 yang Bertebaran di Jagat Maya

Di Indonesia layanan chatbot sendiri sudah disediakan oleh Kominfo sejak hari Jum’at, 20 Maret 2020. Dan untuk kalian yang ingin mengetahui perkembangan informasinya bisa langsung menghubungi nomor +6281133399000 via aplikasi chatting, W.A lewat Smartphone ataupun Komputer/ Laptop.

Chatbot Kominfo X WhatsApp
Copyright ©detikINET

Untuk Chatbot WhatsApp COVID-19 pemerintah ini nantinya akan memberikan informasi yang lebih akurat berdasarkan opsi pertanyaan yang diajukan oleh pengguna. Mulai dari informasi soal COVID-19 terkini di Indonesia, kondisi Tanah Air atas penyebaran virus Corona, pengetahuan soal COVID-19, hingga rumah sakit rujukan COVID-19.

Dan ternyata langkah seperti ini juga telah dilakukan oleh pemerintah India dimana baru saja melakukan lockdown seluruh Negerinya sejak beberapa hari lalu. Tujuannya tentu saja sama, dimana untuk memberantas berbagai macam informasi tidak benar mengenai virus Corona yang bisa meresahkan warganya.

Baca Juga: Alasan Harga Realme 6 di Indonesia Lebih Mahal

“Chatbot ini dibuat untuk memerangi rumor, mengedukasi masa dan membawa ketenangan dalam situasi yang menjurus chaos,” begitulah keterangan si pembuat. Dan ternyata Negara Inggris juga melakukan langkah serupa, dimana negara maju tersebut juga tengah melakukan lockdown agar virus corona bisa ditekan.

“Layanan ini akan membantu kami dalam memastikan publik memiliki sumber terpercaya untuk informasi yang benar tentang virus corona,” terang Yvonne Dolve selaku pejabat kesehatan Inggris sebagaimana dikutip dari Reuters.

Banyak Negara yang telah memanfaatkan layanan chatbot WhatsApp ini, dikarenakan memang menyajikan perkembangan informasi yang cepat, resmi, akurat, dan pastinya bisa meredam kekhawatiran warga.

baca juga: Fungsi Chatbot Corona dari Kominfo X WhatsApp yang Sebenarnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.