Fungsi TraceTogether, Aplikasi Pelacak Virus Corona Karya Anak Bangsa

0
512
Fungsi TraceTogether, Aplikasi Pelacak Virus Corona Karya Anak Bangsa
Copyright ©Shutterstock

TraceTogether Merupakan Karya Anak Bangsa

OKETEKNO – Untuk menindaklanjuti terkait upaya pemerintah dalam melakukan pemantauan terhadap penyebaran virus Corona di Indonesia. Pada akhirnya kini telah diluncurkan aplikasi baru karya anak bangsa yang diklaim bisa diandalkan untuk melakukan pemantauan dan perkembangan bagi pengidap virus tersebut.

Fungsi utama dari aplikasi TraceTogether ini yaitu sebagai surveilans yang tidak lain merupakan analisis kumpulan data yang disebarkan untuk melakukan pencegahan penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Dan untuk aplikasi ini memang mirip dari segi nama seperti di Singapura, akan tetapi fungsinya tidak sama yang dibuat oleh anak bangsa sendiri untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 lebih baik ini.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Tulisan Nyleneh di Aplikasi WhatsApp

Menteri Kominfo Johnny G. Plate telah mengatakan kalau aplikasi TraceTogether ini telah dikembangkan oleh operator telekomunikasi dan akan terpasang pada Smartphone pengguna yang positif COVID-19. Dan setelah itu baru dilakukan penelusuran, pelacakan, hingga mengurung COVID-19.

Johnny Menkominfo
Copyright ©detikINET

“Ini untuk pasien positif COVID-19 yang memberikan nomor teleponnya dan secara sukarela dan berdasarkan nomor telepon itu nanti Kementerian Kesehatan yang akan melakukan tracing dan penelitian dan interaksi secara langsung dengan pasien,” seperti itulah yang disampaikan oleh Johnny sebagaimana dikutip dari detikINET.

Baca Juga: Resmi Dirilis, Seperti Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy A31

Untuk riwayat pergerakan pasien positif yang telah dilakukan analisa ini selama kurang lebih 14 hari kebelakang sejak dinyatakan telah terjangkit oleh virus Corona. Dan disebutkan kalau aplikasi ini juga terhubung dengan operator seluler lainnya untuk menghasilkan visualisasi serupa.

“Berdasarkan hasil tracking dan tracing, nomor di sekitar positif COVID-19 yang terdeteksi akan diberikan peringatan untuk segera menjalankan protokol Orang Dalam Pengawasan (ODP),” keterangan tambahannya.

Kemudian Menkominfo juga telah menyebutkan kalau aplikasi TraceTogether ini terintegrasi dengan Satgas COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kominfo, dan Kementerian Kesehatan untuk melakukan langkah penghentian atau penyebaran meluasnya virus Corona di Indonesia.

baca juga: Sederet Spek Samsung Galaxy M51 yang Bertebaran di Jagat Maya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.