Waspada! Puluhan Game Anak Tersusupi Malware Clicker

0
757
Waspada! Puluhan Game Anak Tersusupi Malware Clicker
Copyright ©New Straits Times

Banyak Game dan Aplikasi Meresahkan di Play Store

OKETEKNO – Memang sudah dilakukan secara rutin untuk patroli dari Google pada toko aplikasi Play Store miliknya. Akan tetapi masih ada saja game atau mungkin aplikasi bandel yang telah disusupi oleh malware berhasil lolos dan bahkan sampai terpasang di perangkat pengguna.

Salah satu malware yang diketahui belum lama ini adalah malware clicker dimana sudah menyusup pada sederet permainan dan juga aplikasi android yang ditujukan untuk anak-anak. Walaupun tidak berbahaya layaknya spyware, akan tetapi malware clicker ini bisa merugikan penggunanya terutama untuk kebutuhan resource ponsel yang digunakan.

Baca Juga: Update Game Balap Mobil Mario Kart Tour Tawarkan Mode Baru

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Check Point Research, telah ada 56 aplikasi di Google Play Store yang dapat menyusupkan malware ke dalam HP Android korban. Dimana untuk 24 diantaranya merupakan aplikasi yang menyaru sebagai game kasual untuk dimainkan oleh anak-anak, seperti Cooking Delicious dan Let Me Go.

CD
Copyright ©Google Play Store

Perlu diketahui bahwasanya game Cooking Delicious ini merupakan aplikasi dengan jumlah unduhan lebih dari 100 ribu kali dan mendapatkan rating sebesar 4,5 bintang. Dengan demikian, ini menunjukkan kalau jumlah pengunduh dan rating bisa menjadi sebuah penanda asli atau tidaknya sebuah permainan atau aplikasi android yang hendak dipasang.

Baca Juga: Game FPS Seru Borderlans 3 Dibuka dengan Harga Diskon 50%

Untuk malware yang menyusup ke berbagai aplikasi tersebut bernama Tekya, dimana memang telah menyebarkan aplikasi dengan cara melakukan kloning terhadap apps ataupun permainan populer yang ada di Google Play Store.

Sebelumnya, sudah banyak game dan aplikasi yang memiliki jumlah unduhan lebih dari 1 juta kali di seluruh dunia yang sudah dibersihkan Google karena diketahui mengandung Tekya.

Tekya ini sendiri merupakan malware clicker dimana ketika aplikasi ataupun game setelah terpasang akan melakukan klik iklan di banner untuk memberikan penghasilan dari agensi periklanan. Padahal penggunanya tidak menghendaki hal demikian.

Dan pengguna disarankan menghapusnya secara manual, karena bisa mengganggu kenyamanan dan bahkan memakan resource ponsel dalam jumlah besar, sehingga bisa menguras baterai lebih banyak.

baca juga: OVERDOX, game petualangan yang penuh keseruan dan tantangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.