Populer Disaat WFH Karena Corona, Zoom Kirimkan Data Pengguna ke Facebook?

0
453
Populer Disaat WFH Karena Corona, Zoom Kirimkan Data Pengguna ke Facebook
Copyright ©Era

Memang Sudah Menjadi Ketentuannya Demikian

OKETEKNO – Seperti yang terjadi sekarang ini dimana banyak orang yang memutuskan untuk bekerja di rumah karena pandemi virus Corona yang semakin tak terkendalikan di beberapa Negara, termasuk Indonesia juga salah satunya. Untuk mengatasi hal demikian, Facebook sudah menerapkan beberapa langkah untuk ikut memerangi hoax.

Akan tetapi ditengah bantuan yang diberikan oleh raksasa sosial media tersebut, ternyata ada kabar kurang menyenangkan yang bertebaran, yakni mengenai data pengguna dari aplikasi Zoom yang malah dikirimkan ke perusahaan yang memiliki riwayat penjagaan data pengguna kurang baik ini.

Baca Juga: Sederet Fitur Perdana Smartphone yang Hadir di Realme 6 Series

Kita tahu bahwa aplikasi Zoom menjadi populer karena digunakan oleh banyak orang untuk berinteraksi dengan teman kerja ataupun kuliah online. Dikarenakan untuk aplikasi ini mudah dan fleksibel untuk tatap muka dengan teman kantor ataupun perkuliahan online yang tengah berlangsung sekarang ini.

Aplikasi Zoom
Copyright ©Zoom

Disebutkan belum lama ini kalau data kalian yang digunakan pada aplikasi Zoom di perangkat berbasis iOS telah dikirimkan ke Facebook. Informasi yang dilansir dari Motherboard, telah disebutkan kalau pihaknya menemukan jika versi iOS Zoom telah mengirimkan data ke induk perusahaan WhatsApp itu, dan bahkan jika pengguna tidak memiliki akun FB sekalipun.

Baca Juga: OPPO Reno Ace 2 Siap Rilis Bulan Depan dengan Super Fast Charging

Berdasarkan data temuannya, diketahui kalau data yang dikirimkan Zoom ke pesaing Twitter ini telah mencakup beberapa informasi seperti aktifitas membuka aplikasi, detail terkait model ponsel pengguna, zona waktu, hingga kota tempat penggunanya berada.

Tidak cuman itu saja, melainkan data seperti tempat dimana mereka terhubung hingga operator yang digunakan oleh pengguna termasuk dalam laporan yang dikirimkan oleh Zoom. Dan data tersebut jelas saja bisa digunakan sebagai pengiklan untuk menayangkan konten yang tepat terhadap pengguna.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Zoom sendiri tidak mengungkap praktik ini dan tidak dilakukan dengan cara yang jelas juga. Dan pada kredit Facebook, telah disebutkan pada Motherboard kalau sesuai dengan persyaratan mereka bagi pengembang untuk menggunakan SDK miliknya, dan pengembang juga harus transparan dengan pengguna soal data yang dikirimkan.

baca juga: Huawei P40 Dirilis dalam Tiga Model, Berikut Daftar Harganya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.